Sambut Perayaan Hari Kemerdekaan, Yuk Cicipi Jajanan Khas Indonesia

Meita Fajriana10 Agu 2020, 08:30 WIB
Jajanan khas Kemerdekaan

Fimela.com, Jakarta Memasuki bulan Agustus, seluruh masyarakat Indonesia siap menyambut Hari Kemerdekaan. Sesuai tradisi, banyak cara yang dapat dilakukan seperti menghias sudut jalan dengan bendera merah putih, memasang bendera di tiap-tiap rumah, hingga menyulap lahan kosong menjadi tempat lomba khas 17-an. Tahun ini, mungkin perayaan itu akan terasa sedikit berbeda. Perlombaan yang melibatkan kerumunan warga dan interaksi yang mengharuskan berada dalam jarak dekat tidak dapat dilakukan demi kepentingan bersama.

Namun, hal itu tidak mengurangi semangat merayakan Hari Kemerdekaan karena akan selalu ada cara-cara kreatif untuk merayakannya. Seperti yang dilakukan oleh FIT Gourmet, sebuah layanan restoran dan katering makanan sehat di Jakarta yang meluncurkan program bertajuk “Jajan Indonesia”.

Melalui program ini, FIT Gourmet membuat kreasi empat jenis jajanan favorit Nusantara dalam sajian yang lebih sehat. Tersedia secara eksklusif sepanjang bulan Agustus untuk wilayah Jakarta dan sekitarnya, program ini diadakan untuk mengajak masyarakat mengenal sejarah Indonesia melalui sajian kuliner yang sehat dan lezat.

Berikut adalah keempat sajian jajanan khas Indonesia yang telah dikreasikan ulang oleh FIT Gourmet khusus untuk momen kemerdekaan. Tertarik untuk mencobanya sahabat Fimela?

1. Soto Mie Shirataki

Soto merupakan makanan yang juga populer di Singapura dan Malaysia. Makanan ini umumnya menggunakan bihun sebagai bahan dasar. Untuk sajian yang lebih sehat, FIT Gourmet menggantinya dengan shirataki yang telah dikenal akan kandungan kalori yang rendah dan serat yang tinggi. Sepiring porsi Soto Mie Shirataki ini hanya mengandung 192,0 kkal.

2. Ketoprak Shirataki

Shirataki yang mengandung 97 persen air dan 3 persen fiber glucomannan ini juga dapat diolah menjadi bahan dasar ketoprak. Ditambah dengan tauge dan tahu goreng, Ketoprak Shirataki ala FIT Gourmet dilengkapi dengan saus kacang yang dibuat dari kacang tanah dengan proses sangrai (teknik menggoreng tanpa minyak) untuk mengurangi kadar kolesterol. Disajikan lengkap dengan kerupuk yang terbuat dari rice paper roll, Ketoprak Shirataki mengandung total 611,9 kkal.

 

 

3. Bakwan Bites

Jajanan khas Kemerdekaan
Rayakan Hari Kemerdekaan dengan mencicipi jajanan khas Indonesia/ Dok. Fit Gourmet

Dikenal dengan nama yang berbeda-beda di tiap daerah, bakwan umumnya dikenal sebagai salah satu cemilan berbahan dasar tepung dengan berbagai isi dan varian. Berbeda dengan bakwan kebanyakan, Bakwan Bites dibuat dari butir jagung dan olahan sayur tanpa menggunakan gluten sama sekali. Satu porsi Bakwan Bites terdiri dari 10 potong bakwan dengan total 478,7 kkal.

 

4. Kopi Cendol Lo-kal

Jajanan khas Kemerdekaan
Rayakan Hari Kemerdekaan dengan mencicipi jajanan khas Indonesia/ Dok. Fit Gourmet

Cendol yang pernah menduduki peringkat 45 dalam daftar minuman terenak di dunia ini merupakan salah satu minuman paling populer di Indonesia. Dapat ditemukan secara mudah di restoran hingga pedagang kaki lima, cendol dapat dibuat menjadi sajian lebih sehat dengan menggunakan gula jawa rendah kalori dari Tropicana Slim. Agar lebih nikmat, cendol ala FIT Gourmet dicampur dengan kopi yang menggunakan susu rendah lemak. Segar dan nikmat, Kopi Cendol Lo-kal hanya mengandung 200,1 kkal.

Seluruh menu yang tergabung dalam Jajan Indonesia dapat dibeli secara langsung di gerai FIT Gourmet ataupun melalui online delivery. FIT Gourmet berharap, hadirnya menu-menu ini dapat menambah keinginan masyarakat untuk mengenal budaya dan sejarah melalui kuliner Nusantara.

#changemaker

Lanjutkan Membaca ↓