Sukses

Lifestyle

Menjalani Kehamilan setelah Keguguran Butuh Ketegaran Hati Luar Biasa

Fimela.com, Jakarta Oleh:  Ellise Citra

Hai semuanya. Saya ingin berbagi pengalaman kehamilan saya.

Kehamilan pertama saya terbilang lancar dan anak saya lahir dengan caesar. Selang empat tahun kemudian saya hamil lagi. Kali ini dengan antusiasme yang besar menyambut anak yang saya dan suami idam-idamkan. Selama ini saya hanya mendengar keguguran dari pengalaman orang dan tidak menyangka akan mengalaminya juga.

Di usia 5 minggu kehamilan sudah ada kantong janin dan janin serta semua normal sampai usia 6 minggu kehamilan saya ikut suami naik kereta dan muncul flek keesokan harinya. Saya langsung ke dokter dan diberi suntikan penguat serta obat penguat kandungan. Saya masih optimis terhadaap kehamilan kedua ini karena setelahnya tidak ada flek lagi.

Di usia 7 minggu kehamilan semua berjalan normal. Namun di usia 9 minggu tiba-tiba perut saya sakit dan saat cek dokter janin saya tidak berdetak. Seketika saya dingin dan bertanya bagaimana ini.

Saya disuruh cek darah dan ternyata Anti-dsDNA saya positif. Anti-dsDNA yang positif ini menyebabkan janin terganggu sebab antibodi saya terlalu tinggi dan menganggap janin saya sesuatu yang berbahaya. Saya diberi obat dan disuruh ke dokter 3 hari lagi. Saya masih berharap semua baik-baik saja.

Menjalani Kehamilan Baru

Ternyata 3 hari kemudian hasil cek membuktikan janin saya tidak berdetak alias cacat. Saya masih tidak percaya dan saya cari second serta third opinion, namun hasilnya sama saja. Kemudian saya dikuret.

Tujuh bulan kemudian saya hamil lagi. Menurut HPHT harusnya 6 minggu namun belum ada kantong janin. Dan saya diberi obat yang banyak berhubung kondisi tubuh saya tidak normal layaknya ibu-ibu yang lain. Di satu sisi saya berharap semua baik-baik saja. Tapi jujur tetap ada ketakutan apakah janin ini akan berakhir seperti janin sebelumnya atau akan sehat sampai lahiran.

Saya pun menemukan kutipan yang sangat menginspirasi.

"This is...

a different pregnancy,

a different baby,

different story, with

a different ending." By lindsey M. Henke

Semoga kita para ibu dan calon ibu bisa lancar sampai lahiran. Baik bayi maupun ibu dalam kondisi sehat. Semoga tulisan saya bisa menginspirasi para ibu maupun calon ibu.

#ChangeMaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading