Keindahan Alam Nusantara Seolah Diciptakan Tuhan saat Sedang Tersenyum

Endah Wijayanti05 Agu 2020, 15:35 WIB
soal keindahan Indonesia

Fimela.com, Jakarta Kita semua pasti punya pengalaman tak terlupakan terkait negeri kita tercinta Indonesia. Ada kebanggaan yang pernah kita rasakan sebagai bagian dari Indonesia. Kebanggaan terhadap keindahan alam Indonesia, kekayaan tradisi dan budaya, kecintaan terhadap masyarakat Indonesia, dan lain sebagainya. Kita pun punya cara tersendiri dalam mengartikan kebanggaan terhadap tanah air ini. Melalui Lomba Share Your Stories Bulan Agustus: Bangga Indonesia ini, Sahabat Fimela bisa berbagi cerita, pengalaman, dan sudut pandang tentang hal tersebut.

***

Oleh: Maria Regina

Saya kebetuan adalah tergolong orang yang tidak punya kampung halaman yang jelas, karena berdarah campuran. Ibu saya adalah orang keturunan Tionghoa. Kakek dan nenek buyut saya adalah perantau dari Cina, tapi kakek dan nenek saya lahir di Jawa Barat, Cibadak. Ayah saya campuran Indonesia  dan Tionghoa. Oma saya berdarah Sunda dan Tionghoa, sementara opa saya dari Bugis campur Tionghoa, jadi kampung halaman saya "tidak jelas", karena itu saya ingin berbagi cerita bangga Indonesia secara umum.

Salah satu hobi saya adalah traveling alias jalan-jalan. Saya senang menikmati keindahan pemandangan alam, menghirup segarnya udara pegunungan atau pantai. Saya kebetulan pernah berkesempatan pergi berwisata mengunjungi beberapa negara lain, di Asia juga Eropa. Saya tidak bermaksud mengatakan pemandangan di sana tidak bagus, karena saya yakin semua ciptaan Tuhan itu pasti memiliki keindahan dan keunikan tersendiri, apalagi alamnya. Namun, seperti maestro Leonardo Da Vinci yang membuat ratusan karya lukisan yang indah, ada beberapa karyanya yang menjadi masterpiece, misalnya Monalisa. Atau Mozart, yang menghasilkan ratusan karya musik indah dan ada beberapa simfoninya yang menjadi masterpiece.

Buat saya Indonesia ini sepertinya adalah salah satu masterpiece karya Tuhan. Keindahan alamnya nyaris lengkap, dari pegunungan, danau, lembah, sungai, gua, laut, dan  bawah lautnya, sungguh luar biasa. Ditambah dengan beragam kuliner khas, kekayaan budaya, dan peninggalan sejarahnya, juga modernnya kota metropolitan. 

Karena pernah melihat matahari terbenam di Kuta Bali dan Tanah Lot, maka saya tidak terlalu kaget dengan keindahan Phuket, di Thailand. Karena pernah ke Bromo, saya tidak aneh dengan pemandangan Gunung Fuji di Jepang. Saya rasa pemandangan di Pulau Derawan dan Labuan Bajo juga mungkin akan membuat kepulauan Maldive jadi tidak terlalu istimewa lagi buat saya (karena saya belum pernah mengunjungi Maldive).

Keindahan Alam Indonesia Luar Biasa

Travelling untuk melepaskan penat dan rasa bosan
Ilustrasi/copyrightshutterstock/AnemStyle

Sebagai penggemar Drama Korea, saya sangat penasaran melihat Korea, apalagi melihat iklan promosi wisata mereka yang bagus sekali, saya pernah  pergi ke Pulau Jeju dan Gunung Sorak, memang bagus dan tidak mengecewakan, tetapi tidak sampai membuat saya terpana.

Buat saya, kalau melihat iklan atau film yang menampilkan keindahan alam di luar negeri, lalu kita berkesempatan melihat langsung, ya pemandangannya memang akan terlihat seperti di iklannya. Berbeda dengan tempat-tempat wisata di Indonesia, kalau untuk saya,  apa yang terlihat di iklan promosi pariwisata Indonesia itu malah “tidak seindah warna aslinya”. Kamera rasanya tidak bisa menangkap keseluruhan keindahan yang kita lihat langsung dengan mata kita. Saya tidak pernah kecewa mendatangi tempat-tempat wisata alam di Indonesia karena selalu melebihi ekspektasi saya. Saya tidak tahu ini hanya perasaan saya atau apakan ada sesama penggemar traveling yang sependapat dengan saya?

Yang kurang di Indonesia hanya pemandangan pada musim salju, karena negara kita adalah dengara tropis yang tidak mengenal musim dingin, tetapi mungkin itu juga yang membuat pemandangan di Indonesia sangat spesial.

Sangat disayangkan kalau Indonesia tidak bisa mengangkat potensi pariwisatanya, sungguh negeri kita tidak kalau indah dengan negara-negara lain, malah buat saya, lebih indah, hanya saja masalah infrastruktur dan fasilitas yang masih belum terlalu baik. Selain itu promosinya juga tidak terlalu gencar. Kalau bisa mencontoh cara promosi Korea Selatan yang sangat bagus, sehingga banyak sekali warga Indonesia yang tertarik pergi ke Korea, kenapa kita tidak coba juga menarik warga Korea untuk datang ke Indonesia yang indah ini.

Semakin pengalaman perjalanan saya bertambah, semakin bangga dan cinta saya pada Indonesia, tanah air kita.

#ChangeMaker

Lanjutkan Membaca ↓