8 Tahapan Kencan Online yang Menyenangkan dan Perlu Diperhatikan

Gayuh Tri Pinjungwati05 Agu 2020, 18:15 WIB
kencan online

Fimela.com, Jakarta Kencan online telah menjadi semakin populer akhir-akhir ini. Banyak berbagai aplikasi kencan online yang dapat digunakan. Berkencan semudah memasang aplikasi, membuat profil dan menemukan orang-orang yang cocok di lokasi dirimu berada. Dengan semakin banyak orang beralih ke internet untuk menemukan cinta, berikut adalah beberapa tahapan menggunakan aplikasi kencan online.

Unduh Aplikasi

Tahapan pertama dari kencan online adalah memilih aplikasi atau situs kencan yang akan digunakan. Beberapa aplikasi memiliki keunggulan masing-masing. Misalnya untuk Tinder terkenal digunakan untuk menemukan teman kencan, menemukan pasangan, atau hanya untuk memperbanyak teman lawan jenis dan kebanyakan penggunanya adalah anak muda single.

Membuat Profil

Untuk mulai menggunakan aplikasi kencan online, dirimu harus terlebih dahulu membuat profil. Profil dasar mencakup beberapa foto diri dan biografi singkat dengan beberapa minat, lokasi tempat tinggal, perguruan tinggi, pekerjaan dan masih banyak lagi. Tetapi aplikasi lain juga mungkin berbeda yang hanya menggunakan foto profil tanpa adanya bio tambahan.

Pencarian

Kencan Online
Ilustrasi/copyrightshutterstock/Mila Supinskaya Glashchenko

Setelah membuat profil, tahap selanjutnya adalah memilih orang yang diminati. Tinder adalag salah satu aplikasi yang menggunakan sistem swiping kanan dan kiri untuk memilih orang yang diminati. Ketika dirimu menggeser ke kanan sama dengan minatnya dirimu kepada orang tersebut. Ketika menggeser ke kiri dirimu menolak orang tersebut.

Mencocokkan

Ketika cocok dengan seseorang, itu berarti kalian berdua saling menyukai. Beberapa aplikasi menemukan kecocokan untuk dirimu secara otomatis berdasarkan algoritma, sementara yang lain membiarkan hingga dua pengguna saling menggeser satu sama lain. Setiap aplikasi yang memiliki fitur pilihan penggunaan secara gratis dan premium yang berbeda, biasanya dirimu tidak dapat mengirim pesan kepada seseorang sampai dirimu benar-benar cocok dengan mereka. Jika dirimu maupun pasangan tidak berani mengirim pesan terlebih dahulu, kencan online dengan orang tersebut akan berakhir.

Mengirim Pesan

Setelah cocok dengan seseorang, mengirim pesan pun dimulai. Pada sebagian besar aplikasi kencan salah satu dari mereka dapat mengirim pesan terlebih dahulu. Selain melakukan mengirim pesan melalui aplikasi kencan online, beberapa orang memilih untuk menghubungi mereka melalui platform media sosial lain seperti Instagram, WhatsApp, atau Facebook.

Bertemu Secara Langsung

Hubungan
Ilustrasi Pasangan Berkencan Credit: pexels.com/AndreaPiacquadio

Setelah berkirim pesan, tahapan selanjutnya dari kencan online biasanya bertemu langsung. Ini karena sebagian besar aplikasi kencan online memiliki pengaturan lokasi yang menjaga kecocokan potensial di wilayahmu dan kebanyakan orang ingin keluar dari aplikasi dan beralih pada hubungan langsung. Namun, beberapa orang mungkin memulai hubungan jarak jauh jika aplikasi kencan mereka memungkinkan mereka untuk memperluas menemukan seseorang di seluruh dunia. Beberapa aplikasi memungkinkan penggunanya untuk menemukan seseorang di seluruh dunia.

Kencan Berikutnya

Jika kencan pertama berjalan dengan baik, tahapan selanjutnya dari kencan online adalah akan melakukan kencan lebih sering. Pada kencan ini, kalian berdua akan saling mengenal dengan lebih baik dan mengeksplorasi keyakinan masing-masing untuk melihat apakah dirimu bisa menjadi pasangan yang baik. Banyak hubungan melalui daring dan berakhir pada tahapan ini setelah orang-orang menemukan bahwa mereka tidak kompatibel dan kembali ke aplikasi kencan yang mereka kenal untuk menemukan lebih banyak mitra potensial.

Menjadikan Pasangan

Tahapan terakhir dari kencan online adalah memasuki hubungan resmi. Ini tujuan utama banyak orang ketika mereka mendaftar untuk kencan online. Kebanyak orang menghapus aplikasi kencan mereka ketika sudah menemukan orang yang tepat.

Kencan online bisa menjadi cara mudah untuk menemukan calon pasangan karena semua orang mencari beberapa jenis hubungan. Tetapi itu juga bisa menjadi sesuatu yang rumit bagi beberapa orang, karena mereka tidak mencari hubungan jangka panjang.

Cek Video di Bawah Ini

#Changemaker

Lanjutkan Membaca ↓