Bolehkah Membunyikan Tulang Punggung saat Melakukan Peregangan?

Annissa Wulan11 Agu 2020, 17:30 WIB
peregangan

Fimela.com, Jakarta Bekerja seharian di depan laptop atau komputer tentu melelahkan dan mungkin kamu juga salah satu yang sering berusaha membunyikan punggung saat melakukan peregangan, benar? Membunyikan tulang-tulang di beberapa area tubuh memang terasa menyenangkan, seperti punggung dan jari tangan.

Namun, apakah ini aman untuk dilakukan? Menurut dr Rahul Shah, seorang dokter bedah tulang belakang dan leher di Vineland, New Jersey, bunyi retakan itu seringkali berasal dari peregangan yang kamu lakukan, saat kamu memutar tubuh dari satu sisi ke sisi lainnya.

Bunyinya dihasilkan dari tulang-tulang di belakang yang bergeser dalam engsel mereka saat menumpuk di atas satu sama lain. Dengan kata lain, tidak ada yang benar-benar retak atau pecah saat kamu melakukan peregangan, seperti dilansir dari purewow.com.

 

Bolehkah membunyikan tulang punggung saat melakukan peregangan?

peregangan
Ilustrasi/copyrightshutterstock/theshots.co

Dengan peregangan, sebenarnya kamu dengan lembut menggeser tulang-tulang dengan lembut untuk melepaskan tekanan yang menumpuk di sendi bagian belakang. Hal ini menyebabkan kelegaan sementara.

Jika hal ini terus menerus kamu lakukan dengan sengaja pada punggung, akan ada peningkatan ketegangan pada persendian yang berbeda di punggung itu sendiri. Intinya, kamu tidak boleh melakukannya secara berlebihan.

Melakukannya secara berlebihan hanya akan menyebabkan percepatan keausan sendi yang membutuhkan intervensi tambahan, seperti intervensi bedah. Lakukan peregangan tubuh secukupnya ketika kamu merasa lelah, mungkin berjalan-jalan sebentar di sekitar rumah bisa membantu.

Saksikan video menarik setelah ini

Lanjutkan Membaca ↓