6 Strategi Kelola Keuangan di Era Adaptasi Kebiasaan Baru

Anisha Saktian Putri12 Agu 2020, 07:30 WIB
Mulai Mengatur Anggaran Keuangan

Fimela.com, Jakarta Menjalani adapatasi kebiasan baru di tengah pandemi virus corona, tentu diperlukan penyesuaian strategi keuangan dalam kehidupan sehari-hari. Apalagi kini masih banyak anak yang belajar di sekolah yang membutuh kuota internet, begitu pun dengan bekerja di rumah.

Saat 24 jam dalam seminggu keluarga berada di rumah, tentu pengeluran makanan pun semakin banyak atau munculnya hobi baru yang tentu membuat pengeluaran tak terduga.  

Maka urusan keuangan di masa seperti sekarang bisa menjadi sangat vital karena keadaan yang serba tak bisa dipastikan. Yuk, ikuti tips strategi keuangan di masa seperti saat ini, melansir dari KoinWorks.

1. Cek Kembali Kondisi Keuangan

Perbarui catatan perihal aset-aset yang dimiliki, utang juga pengeluaran. Dengan melakukan cek keuangan seperti ini, sahabat Fimela bisa mengetahui keadaan keuanganmu. 

2. Tinjau Perubahan Pengeluaran

Kondisi ini membuat pengeluaran tidak terduga, jika dahulu membeli masker, handsanitizer, hand soap, dan vitamin bukan menjadi prioritas. Namun mau tak mau kini barang-barang yang perlu dibeli. Maka dari itu, cobalah lihat kembali pengeluaran-pengeluaran baru yang ada. Setelah itu jangan lupa catat dan masukan ke dalam pengeluaran rutin setiap bulan.

3. Kumpulkan Dana Darurat

ilustrasi menabung untuk masa depan/pexels
ilustrasi menabung untuk masa depan/pexels

Setelah mengalami masa pandemi, banyak orang yang akhirnya sadar betapa pentingnya dana darurat di tengah ketidakpastian. Walaupun mungkin alokasi dana yang kamu sediakan untuk dana darurat berkurang, karena pengeluaran bertambah, tidak apa, yang penting selalu sisihkan, ya.

4. Bijak menggunakan kartu kredit

Di masa saat ini, kestabilan keuangan pribadi menjadi hal yang sangat penting. Maka dari itu, strategi keuanganmu harus bisa menghindari gaya hidup konsumtif yang biasanya di lakukan, terutama membeli barang menggunakan kartu kredit.

5. Digitalisasi Keuangan

Beralih ke digital dalam hal transaksi keuangan tidak hanya menjadi strategi keuangan di era new normal tetapi bisa hindari terpapar virus dari penggunaan uang tunai dan lebih hemat. Bukan menjadi rahasia, kalau banyak medium keuangan digital yang mengadakan banyak promo atau cashback. Lumayan 'kan?

6. Bijak Berinvestasi

Tetap bisa berinvestasi asal melakukannya dengan lebih bijak. Bisa memilih investasi yang modalnya tidak memberatkan dan melakukan diversifikasi resiko. Beberapa produk KoinWorks yang bisa kamu coba adalah KoinGold mulai dari Rp1.000 atau KoinRobo yang memiliki imbal hasil terprediksi dan dilindungi oleh 3 asuransi ternama.

#Changemaker

Lanjutkan Membaca ↓