Unsur Iklan yang Harus Diketahui agar Usahamu Sukses

Kezia Prasetya Christvidya06 Agu 2020, 14:40 WIB
iklan-kezo

Fimela.com, Jakarta Di era new normal ini, banyak sekali yang memulai bisnis baru untuk menambah penghasilan. Ada yang berdagang makanan, minuman, pakaian, kosmetik hingga alat-alat kesehatan atau perlindungan diri seperti masker dan hand sanitizer.

Tentu saja dengan adanya pandemi ini, kita tidak diperbolehkan untuk pergi keluar rumah kalau tidak terlalu penting. Untuk itu banyak pedagang yang memilih menjual barangnya melalui situs-situs online, agar barangnya laku dijual di pasaran.

Berdagang di dunia online, pasti membutuhkan pemasangan iklan, agar produk-produk lebih dikenal masyarakat. Memasang iklan juga bisa di televisi atau radio. Tetapi saat memasang iklan produk, harus diperhatikan unsur-unsur iklan, supaya pembeli tertarik dengan produk yang dijual.

Yuk simak unsur-unsur iklan yang harus diketahui, agar dagangan laris dan dikenal oleh masyarakat dilansir dari berbagai sumber:

Ketertarikan Produk

ilustrasi unsur-unsur iklan/pixabay
ilustrasi unsur-unsur iklan/pixabay

Unsur pertama pada saat ingin mengiklankan sebuah produk, Sahabat Fimela harus menentukan peminat atau target pembeli, agar muncul ketertarikan beli untuk membeli produk, yang ditawarkan melalui iklan tersebut.

Dalam membuat sebuah promosi atau pemasangan iklan, harus memperhatikan ide yang menarik, atau membuat iklan yang unik dan memiliki ciri khas, untuk membuat calon pembeli tertarik untuk membeli produk tersebut, dan selalu teringat tentang produk tersebut, melalui iklan-iklan yang unik dan berciri khas.

 

Membangun Kepercayaan

ilustrasi unsur-unsur iklan/pixabay
ilustrasi unsur-unsur iklan/pixabay

Unsur iklan yang selanjutnya, yaitu membuat kepercayaan antara pembeli dan penjual. Penjual bisa membuat iklan yang sangat menarik, dengan menyertakan kelebihan-kelebihan produk tersebut, tetapi hasilnya nyata bukan tipuan.

Sebagai contoh, kamu menjual produk pencerah kulit, buatlah iklan dengan menggunakan unsur kepercayaan, dengan mencantumkan produk tersebut bisa membuat kulit lebih cerah dalam 14 hari. Kemudian berikan foto atau video sebelum pemakaian produk dan sesudah pemakaian produk, untuk memberikan hasil yang nyata.

Setelah calon pembeli melihat hasil nyata, ia akan percaya dengan produk tersebut, lalu akan membeli produk tersebut, dan jika produk itu memiliki hasil yang nyata, pembeli akan melakukan pengulangan pembelian.

Desain Produk

ilustrasi unsur-unsur iklan/pixabay
ilustrasi unsur-unsur iklan/pixabay

Apabila ingin memasang iklan, Sahabat Fimela harus memikirkan logo, nama produk, dan juga kalimat yang harus diiklankan. Agar pembeli tertarik untuk melihat produk tersebut.

Nama produk digunakan untuk informasi mengenai identitas dari produk. Lalu logo produk harus dibuat sesuai dengan produk yang dijual, atau simbol dari nama toko. Kalimat saat mengiklankan produk juga harus sesuai dengan nama produk, agar mudah dikenal masyarakat. Usahakan menggunakan kalimat yang jelas dan singkat.

Harga Produk

ilustrasi unsur-unsur iklan/pixabay
ilustrasi unsur-unsur iklan/pixabay

Saat mengiklankan produk, jangan lupa untuk menaruh unsur harga pada saat mengiklankan produk. Harga sangat penting dimasukkan ke dalam iklan, karena pembeli akan lebih tertarik ketika melihat harga tersebut tercantum di iklan produk.

Sebenarnya ada beberapa trik penjual yang tidak menuliskan harga pada saat mengiklan produk. Trik itu dilakukan agar pembeli bertanya langsung ke penjual. Namun trik ini bisa membuat penjualan menjadi lebih susah untuk laku, karena kebanyakan pembeli tidak mau ribet untuk tanya harga ke penjual.

Kontak Penjual

ilustrasi unsur-unsur iklan/pixabay
ilustrasi unsur-unsur iklan/pixabay

Unsur iklan yang terakhir adalah mencantumkan nomor telepon, akun media sosial, dan juga alamat toko. Hal ini bisa membuat calon pembeli lebih percaya dengan toko tersebut.

Ketika pembeli melihat iklan dan tertarik untuk membeli produk tersebut, maka pembeli bisa langsung menghubungi nomormu, mengikuti akun media sosialmu, atau bisa mampir langsung ke tokomu untuk membeli barang dagangan.

Lanjutkan Membaca ↓