4 Cara Mengontrol Gula Darah Bagi Penyandang Diabetes di Tengah Pandemi Covid-19

Anisha Saktian Putri06 Agu 2020, 15:00 WIB
Gejala Diabetes

Fimela.com, Jakarta Di tengah pandemi Covid-19 ini banyak perubahan dan tantangan yang dihadapi, termasuk para penyandang diabetes. Dokter spesialis penyakit dalam, Dr. Roy Panusunan Sibarani Sp.PD-KEM, FES mengatakan ada dua tantangan terbesar yang dihadapi penyandang diabetes, yaitu kesulitan obat dan stres.

"Penyandang diabetes sering lapar karena gula tidak bisa masuk ke sel, jadinya stres. Situasi saat ini pun banyak orang menjadi stres, padahal orang stres kadar gulanya tinggi," ujar Dr. Roy dalam acara "Diabetes di Tengah Pandemi Covid-19: Ancaman atau Bukan?".

Di situasi ini, penyandang diabetes juga rentan terpapar virus Covid-19. Saat ini diperkirakan dari yang terkonfirmasi COVID-19, ada sekitar 500-600 orang yang teridentifikasi diabetes melitus (DM).

"Jika menderita DM harus cepat terdeteksi agar tidak sampai ada komplikasi," ujar Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes DKI, Dwi Oktavia.

Untuk itu, walau banyak tantangan yang harus dihadapi dr. Roy mengatakan 4 hal yang harus dilakukan penyadang diabetes agar tidak mudah terkena virus.

1. Olahraga

perempuan olahraga
ilustrasi perempuan olahraga/Photo by mentatdgt from Pexels

Lakukan olahraga rutin, setiap hari selama 3o menit. Tak perlu olahraga berat, cukup jalan kaki, yogo, zumba yang bisa dilakukan di rumah. Jika olahraga keluar rumah seperti jalan kaki tetap mengikuti protokol kesehatan.

2. Makan teratur

Makan makanan yang sehat seperti cukupi kebutuhan karbohidrat, protein, sayur, dan buah. Boleh makan apa saja tapi tetap diperhatikan dan konsultasikan dengan dokter. Catat setiap makan gula darah atau tidak.

3. Minum obat dan insulin

Jangan lupa untuk selalu minum obat dan insulin yang telah diberikan oleh dokter. Walau melelahkan namun minum obat, cek gula darah, insulin tetap penting dilakukan. Dan harus tetap kontrol ke dokter. Maka ada baik mencari support dari orang terdekat untuk membuat kita lebih semangat.

4. Edukasi

Adanya edukasi dapat membuat penyandang diabtes lakukan. Seperti mengetahui bagaimana cara mencegah komplikasi diabetes, atau kalau ada keluhan bolehkan datang ke puskesmas, hingga dapat mengontrol gula darah.

#Changemaker

Lanjutkan Membaca ↓