Fungsi dan Cara Menjaga Kesehatan Hati

Kezia Prasetya Christvidya06 Agu 2020, 16:35 WIB
hati-kezo

Fimela.com, Jakarta Hati adalah organ tubuh yang memiliki ukuran kelenjar yang besar. Hati terletak di dalam rongga perut sebelah kanan, dan berada di bawah diafragma. Hati manusia memiliki peran penting di dalam tubuh manusia.

Hati manusia memiliki ciri-ciri berbentuk seperti baji dengan warnanya yang merah kecoklatan, dan memiliki berat sekitar 1,4 s/d 1,6 kg. Organ hati memiliki dua bagian, yaitu bagian kanan dan kiri. Lobus kanan hati adalah bagian terbesar, yang memiliki ukuran lima sampai enam kali lebih besar daripada lobus kiri.

Hati manusia adalah organ yang unik. Karena bisa kembali tumbuh setelah dipotong atau dikurangi, melalui prosedur perawatan penyakit maupun transplantasi.

Berikut fungsi hati yang harus diketahui, dan cara menjaga kesehatan hati agar tidak mudah sakit, dilansir dari berbagai sumber:

Detoksifikasi

ilustrasi fungsi hati/pixabay
ilustrasi fungsi hati/pixabay

Hati memiliki fungsi penting di dalam tubuh, yaitu membantu untuk mendetoksifikasi racun yang ada di dalam tubuh. Hati memiliki peran sebagai penawar dari racun, yang masuk ke dalam tubuh kita melalui makanan dan minuman.

Setiap kita mengonsumsi makanan dan minuman, makanan dan minuman tersebut diserap oleh organ hati, kemudian disaring racunnya untuk meminimalisir racun di dalam tubuh. Agar proses detoksifikasi lancar, usahakan mengonsumsi makanan dan minuman yang menyehatkan tubuh dan mengandung nutrisi yang seimbang.

Menyimpan Kadar Gula Darah

ilustrasi fungsi hati/pixabay
ilustrasi fungsi hati/pixabay

Hati juga memiliki fungsi untuk membantu menyimpan kadar gula darah di dalam tubuh. Kadar gula darah merupakan sumber energi tubuh, agar tubuh lebih aktif dan berenergi saat melakukan aktivitas setiap hari. 

Namun kalau tubuh kekurangan kadar gula darah, tubuh akan merasa kelelahan dan akan mudah lemas. Hati membantu menyimpan kadar gula darah yang diperlukan tubuh, dan membantu mengontrol kadar gula darah agar lebih seimbang.

 

Sebagai Sistem Kekebalan Tubuh

ilustrasi fungsi hati/pixabay
ilustrasi fungsi hati/pixabay

Fungsi hati yang selanjutnya adalah membantu menjaga sistem kekebalan tubuh. Hati bisa membantu menjaga kekuatan sel imun tubuh, agar tubuh tidak mudah terserang penyakit, atau tercemar oleh racun dan radikal bebas.

Hati memiliki sistem mekanisme sel kupffer atau sistem makrofag, yang berfungsi untuk membantu melawan dan membunuh bakteri serta virus penyebab penyakit. Seseorang yang memiliki hati yang sehat, pasti tidak akan mudah terserang penyakit. 

 

Menyimpan Vitamin dan Mineral

ilustrasi fungsi hati/pixabay
ilustrasi fungsi hati/pixabay

Fungsi hati yang terakhir adalah membantu menyimpan vitamin dan mineral di dalam tubuh. Pada saat kita mengonsumsi makanan, usahakan mengonsumsi makanan bergizi yang memiliki kandungan vitamin dan mineral. Karena tubuh memerlukan asupan vitamin dan mineral yang cukup.

Hati membantu menyimpan vitamin yang larut akan lemak seperti vitamin A, vitamin D, vitamin E, vitamin K dan juga vitamin B12, yang bisa menyehatkan tubuh.

Cara Menjaga Kesehatan Hati

ilustrasi cara menjaga kesehatan hati/pixabay
ilustrasi cara menjaga kesehatan hati/pixabay

Agar hati tetap sehat, hati harus dijaga kesehatannya dengan benar, dengan cara menjaga pola makan yang sehat. Konsumsilah makanan yang bergizi, seperti buah buahan dan sayur-sayuran. HIndari makanan yang memiliki kandungan lemak dan minyak jahat, karena bisa menyebabkan kolesterol.

Selain menjaga pola makan, lakukanlah gaya hidup yang sehat, seperti rajin berolahraga dan menjaga kebersihan lingkungan sekitar. Sahabat Fimela juga harus rajin melakukan cek kesehatan hati secara berkala, diklinik atau di rumah sakit.

Lanjutkan Membaca ↓