Tebak Gaya Parenting dari Urutan Lahir, Begini Jika Kamu Anak Bungsu

Febi Anindya Kirana06 Agu 2020, 16:15 WIB
kepribadian perempuan

Fimela.com, Jakarta Selama ini mungkin orang tak pernah menyangka bahwa urutan lahir di dalam keluarga ternyata bisa menebak kepribadiannya ketika menjadi orangtua. Orang hanya mengira dilahirkan sebagai anak pertama, tengah atau terakhir hanya akan memengaruhi caranya bersikap dalam keluarga.

Berdasarkan buku yang ditulis Kevin Leman dengan judul The Birth Order Book: Why You Are the Way You Are, urutan lahir seseorang di dalam keluarga sangat berpengaruh terhadap sifatnya sebagai orangtua. Anak terakhir atau bungsu misalnya, ia cenderung jadi orangtua yang mendukung anaknya mengejar petualangan dan bersikap fleksibel.

Kepribadian umum:

keluarga
ilustrasi ibu dan anak/Photo by César Abner Martínez Aguilar on Unsplash

Sebagai anak terakhir, si bungsu cenderung memiliki kebebsan lebih banyak ketimbang kakak-kakaknya. Itulah mengapa ia juga memiliki pembawaan lebih percaya diri. Ia tipe yang mudah bergaul, mudah disukai dan tidak ragu mencoba hal baru.

Dari kakak-kakaknya, ia belajar tentang kemandirian meski sering juga ia marah kepada kakak-kakaknya karena berbagai hal. Sebagai anak bungsu, seringkali ia kurang memiliki tanggung jawab, kecuali ia diajarkan tanggung jawab oleh orangtua yang keras.

Sebagai orangtua:

ibu dan anak
ilustrasi anak bahagia/Photo by Thiago Cerqueira on Unsplash
  • Sifat-sifat yang ia bangun sebagai anak terakhir membuatnya menjadi orangtua yang mendukung bahkan mendorong anak-anaknya untuk mengejar apa yang mereka mau.
  • Ia tak suka bersikap kaku dan terlalu disiplin. Ia hanya mengajarkan anak-anaknya teori dan aturan sewajarnya selama tidak melanggar hukum, karena saat jadi anak ia pun sering nakal.
  • Ada kalanya ia terlalu bebas dan kurang tegas mendidik anak, dan itu tak begitu baik.

Seperti itu ternyata gaya parentingmu jika kamu dilahirkan sebagai anak bungsu.

Cek Video di Bawah Ini

#ChangeMaker with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓