Bahagia dengan Cinta yang Baru, 4 Cara Atasi Perasaan Takut Patah Hati

Endah Wijayanti07 Agu 2020, 11:25 WIB
kejujuran perasaan perempuan

Fimela.com, Jakarta Karena trauma atau pengalaman buruk gagal menjalin hubungan berkali-kali, ada ketakutan yang muncul saat akan membuka hati yang baru. Perasaan takut disakiti atau kembali patah hati kerap membuat kita merasa tak layak dan tak mampu menjalin hubungan yang lebih baik. Muncul perasaan pesimis dan pada akhirnya kembali menutup hati.

Untuk mengatasi perasaan takut patah hati memang butuh waktu dan proses. Meski kadang waktu akan membantu menyembuhkan segalanya tapi pada dasarnya tekad dan usaha kita yang jadi penentu utama dan bisa sangat membantu kita untuk memperbaiki keadaan.

1. Terima Perasaan Takut Tersebut

Seringkali semakin keras kita menolak rasa takut, yang terjadi malah rasa takut itu makin besar kita rasakan dalam diri kita. Maka, untuk mengatasinya kita perlu menerima perasaan takut tersebut. Berdamai dengan perasaan takut tersebut akan membuat kita merasa lebih baik. Rasa takut itu adalah bagian dari dalam diri kita dan kita perlu "berteman" dengannya.

2. Lakukan Hal-Hal yang Membuat Dirimu Merasa Lebih Baik

Setelah menerima rasa takut yang ada, kini saatnya untuk fokus melakukan hal-hal yang bisa membuat perasaanmu lebih baik. Lakukan hal-hal yang kamu suka dan bisa menghadirkan kebahagiaan baru dalam hidup. Kamu perlu merasa baik dengan dirimu sendiri terlebih dahulu. Setidaknya kamu bisa tersenyum dengan tulus saat menatap wajahmu di cermin.

3. Atur Ekspektasi

cara move on
Ilustrasi./Copyright pexels.com/@d-ng-nhan-324384

Ketika merasa sudah siap untuk menjalin hubungan baru, perlu kembali atur ekspektasimu. Misalnya, kamu perlu mempersiapkan diri menghadapi hal-hal yang mungkin akan membuatmu kembali sedih. Persiapkan dirimu untuk bisa menerima kelebihan sekaligus kekurangan seseorang yang hadir dalam hidupmu tersebut. Persiapkan diri jika mungkin ada hal-hal yang akan membuat hubungan kali ini tidak bisa berlanjut.

4. Fokus pada Hal-Hal yang Bisa Kamu Kendalikan

Kita tak bisa serta merta mengubah seseorang sesuai dengan keinginan kita seutuhnya. Kita tak bisa mengubah total seseorang sesuai dengan standar kita. Selalu ada kemungkinan kita akan merasa sedih dan terluka saat menjalin sebuah hubungan. Selalu ada kemungkinan untuk kembali patah hati dan tersakiti. Selain itu, kamu yang paling paham dengan hati dan perasaanmu.

Perasaan takut patah hati bisa datang kapan saja. Khususnya saat akan memulai hubungan yang baru, kekhawatiran dan kegelisahan akan menyertai kita. Tetaplah berbaik hati pada diri sendiri. Bersedih secukupnya dan cobalah untuk menata hatimu lebih kuat lagi.

#ChangeMaker

Lanjutkan Membaca ↓