4 Cara Menghadapi Pasangan yang Selalu Meremehkan Dirimu

Endah Wijayanti07 Agu 2020, 12:35 WIB
perempuan diselingkuhi

Fimela.com, Jakarta Tadinya kamu berharap bisa membangun hubungan  yang baik dan lebih positif bersamanya. Tapi lama kelamaan sikapnya mulai sering meremehkan dirimu. Dia tak pernah mendukung pilihan atau impianmu. Malah dia lebih sering mengungkit-ungkit kekuranganmu dan mengecilkan hatimu.

Punya pasangan yang selalu meremehkan dirimu memang tidak nyaman. Jika hubungan belum sampai beranjak ke jenjang yang lebih serius seperti pernikahan, ada baiknya untuk mengevaluasi lagi hubunganmu. Jangan sampai hidupmu bakal menderita terus dengan pasangan yang tidak pernah suportif. 

1. Buktikan Keteguhan Hati dan Kehebatanmu

Pasangan yang baik akan berusaha untuk mendukung impian-impian dan pilihan-pilihan positifmu. Jika dia malah terus meremehkan dan melemahkan hatimu, maka yang perlu kamu lakukan adalah menunjukkan kehebatanmu. Tunjukkan bahwa kamu lebih hebat dari yang dia sangka. Jangan sampai kita korbankan kebahagiaan dan kehidupan kita karena direndahkan oleh seseorang yang semestinya menjadi penyemangat kita.

2. Utarakan Perasaanmu dengan Jujur

Bila sikapnya atau perkataannya melukai hatimu karena cenderung meremehkanmu, coba utarakan dan sampaikan dengan jujur. Dia perlu tahu bahwa sikapnya itu salah. Dia perlu dibuat sadar bahwa merendahkan kemampuan seseorang itu adalah hal yang bisa dibilang jahat. Sebelum keadaan makin memburuk, penting untuk bisa berkomunikasi dan berbicara dengan lebih terbuka dari awal.

3. Jangan Menoleransi Sikap Buruknya

Perselingkuhan
Ilustrasi/copyright shutterstock.com/ Pormezz

Sikapnya yang sudah keterlaluan dan membuatmu selalu menderita tak bisa terus ditoleransi. Bagaimana pun kamu juga berhak bahagia. Bila dia terus merendahkanmu bahkan menginjak-injak harga dirimu, ini saatnya untuk kembali mempertimbangkan dengan serius perlu tidaknya melanjutkan hubungan yang ada. Kita pun tak bisa mengubah watak seseorang dengan mudah bila orang tersebut tidak punya niat memperbaiki dirinya sendiri.

4. Melepaskan dan Merelakan Bisa Menjadi Pilihan Paling Bijak

Melepaskan seseorang yang beracun dalam hidupmu bisa membuat hidupmu jadi lebih baik. Kalau semakin lama kualitas hidupmu semakin buruk saat bersamanya, mungkin pilihan terbaiknya adalah melepaskan diri darinya. Mau sampai kapan kamu diremehkan terus olehnya? Kamu berhak mendapatkan pasangan yang lebih tepat. Jika pasanganmu membuat hidupmu malah makin buruk dan menderita, merelakannya pergi bisa jadi pilihan yang bijak.

Semua keputusan dan pilihan pada akhirnya kembali padamu. Mau tetap mempertahankan atau melepaskannya itu semua tergantung padamu. Apa pun pilihan yang kamu ambil, semoga itu memang yang terbaik untukmu.

#ChangeMaker

Lanjutkan Membaca ↓