4 Alasan Perempuan Prancis Banyak yang Memilih Tetap Bekerja setelah Punya Anak

Endah Wijayanti07 Agu 2020, 14:45 WIB
ibu tetap bekerja

Fimela.com, Jakarta Bagi para perempuan yang bekerja, biasanya muncul dilema setelah menjadi ibu. Setelah melahirkan dan memiliki anak, kadang ada dilema antara tetap lanjut bekerja atau tidak. Masing-masing pun punya pertimbangan dan pilihan masing-masing terkait hal tersebut.

Dalam buku Bringing Up Bébé ada pembahasan menarik terkait alasan banyak perempuan Prancis yang memilih untuk tetap bekerja setelah menjadi ibu. Alasannya karena beberapa hal. Selengkapnya langsung kita simak di bawah ini. Siapa tahu bisa jadi tambahan bahan pertimbangan para ibu yang saat ini dilema antara ingin tetap bekerja atau tidak setelah memiliki anak.

1. Kembali Bekerja karena Bisa

Ibu-ibu Prancis kembali bekerja, sebagian karena mereka bisa. Seperti yang dipaparkan Pamela Druckerman dalam Bringing Up Bébé keberadaan tempat penitipan anak yang berkualitas, pengasuh bersama yang disubsidi, dan pilihan tempat penitipan anak lain membuat persiapan transisinya mungkin untuk dilakukan. Fasilitas yang menunjang sangat memudahkan masa transisi para ibu sehingga pilihan untuk kembali bekerja tidak terlalu sulit untuk dilakukan.

2. Kembali Bekerja karena Ingin

Ada survei menarik terkait hal ini. Dalam survei yang diadakan Pew Research Center pada 2010, 91 persen orang dewasa Prancis mengatakan pernikahan yang paling memuaskan adalah pernikahan di mana kedua belah pihak, baik suami maupun istri, mempunya pekerjaan. Keputusan ibu-ibu Prancis untuk kembali bekerja bisa karena memang mereka menginginkannya. Mereka tetap ingin bekerja untuk sekaligus memiliki pernikahan yang memuaskan.

3. Kembali Bekerja agar Lebih Mandiri Secara Finansial

ibu rumah tangga bekerja
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/g/Makistock

Ada anggapan bahwa saat bergantung secara finansial sepenuhnya kepada suami, seorang perempuan bisa kurang berhak untuk menyuarakan opininya. Perempuan profesional Prancis juga mengungkapkan bahwa berhenti bekerja, bahkan hanya untuk beberapa tahun bisa jadi pilihan yang berbahaya. Misalnya, ketika suami tiba-tiba di-PHK atau kehilangan pekerjaan, maka kondisi akan makin sulit diatasi bila sang istri tidak bekerja. Keamanan finansial menjadi salah satu alasan banyak perempuan Prancis yang tetap bekerja setelah memiliki anak.

4. Kembali Bekerja demi Status

Di Prancis, ada pandangan bahwa seorang perempuan yang memilih jadi ibu rumah tangga tidak punya banyak status. Menjadi ibu yang hanya tinggal di rumah bisa menghadirkan ketidaknyamanan, seperti perasan terisolasi dan sunyi. Kembali bekerja juga jadi alasan untuk bisa menghadirkan manfaat sosial. 

Itulah  gambaran umum tentag alasan banyak perempuan Prancis yang tetap bekerja setelah menjadi seorang ibu. Pastinya setiap situasi dan kondisi masing-masing orang berbeda satu sama lain. Kembali bekerja atau tidak setelah memiliki anak, selalu ada kebaikan dan pertimbangan sendiri yang dimiliki.

#ChangeMaker

Lanjutkan Membaca ↓