Arti Nama Pengaruhi Bentuk Wajah Seseorang Saat Dewasa

Vinsensia Dianawanti13 Agu 2020, 16:00 WIB
Tips cantik

Fimela.com, Jakarta Ilmuwan sosial percaya bahwa arti nama memiliki pengaruh pada kepribadian, cara pandang, hingga penampilan fisik yang disebut efek Dorian Grey. Dalam psikologi, efek ini dinamai karakter mengacu pada cara faktor internal, seperti kepribadian dan fisik.

Dalam penelitian yang ditulis dalam Journal of Personality and Social Psychological menyebut bahwa setiap arti nama memiliki karakteristik, perilaku, dan tampilan yang terbaik. Karenanya, memiliki makna dan skema bersama dalam masyarakat.

Studi tersebut berhipotesis bahwa arti nama yang menjad label awal menandai semua orang yang memiliki nama yang sama dengan cara yang sama. Dengan kata lain, stereotip nama terwujud secara fisik pada penampilan wajah.

Di delapan studi berbeda di dua negara menemukan bahwa orang dan komputer dapat memilih nama yang tepat untuk wajah tertentu dengan lebih akurat. Gagasan umum tentang bagaimana orang dengan wajah tertentu memiliki nama yang dikatakan tepat untuk setiap jenis wajah. Setiap nama dikaitkan dengan karakter, perilaku, dan penampilan wajah.

 

Analisa dari komputer

Kerutan wajah
Ilustrasi kerutan wajah bisa hilang dengan bantuan makeup. (pexels.com/ bruce mars).

Komputer dapat mencocokkkan wajah dan nama dengan cukup akurat. Menggunakan pembeljaran mesin, para peneliti melatih komputer dengan bank berisi hampir 100ribu gambar yang diunduh dari situs jejaring sosial. Setelah algoritme dibiasakan dengan datanya, algoritme dapat secara akurat menilai antara dua kemungkinan untuk wajah tertentu.

Komputer juga digunakan untuk menganalisa bagian wajah mana yang paling berguna untuk pencocokan nama. Mereka menemukan bahwa mata dan area sekitarnya, yang digunakan untuk membentuk ekspresi spontan, jauh lebih berguna.

 

Ada ekspektasi tertentu dari nama seseorang

Perawatan Kulit
Ilustrasi wajah/copyright shutterstock

Dari arti nama yang telah ditentukan, orang dengan nama tersebut dapat tumbuh menjadi diri mereka dengan mengadaptasi perilaku yang diharapkan, ekspresi wajah, dan penampilan. Orang lain yang melihat orang tersebut pun memiliki ekspektasi tertentu berdasarkan kode sosial.

Misalnya saja nama yang dipilih adalah Rosa. Umumnya arti nama dari Rosa adalah mengarahkan pada sikap feminin, tersenyum sopan, mengenakan gaun, dan memiliki rambut panjang. Secara tidak sadar orang dengan nama Rosa akan diharapkan lebih dari seorang perempuan yang diberi nama lain.

Simak video berikut ini

#changemaker

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by