5 Jenis Ikan Koi yang Populer dan Memiliki Corak Warna Indah

Imelda Rahma08 Agu 2020, 11:15 WIB
Ikan Koi

Fimela.com, Jakarta Ikan koi adalah salah satu jenis ikan favorit banyak orang yang disukai karena memiliki corak warna yang indah dan berbeda dengan ikan pada umumnya. Ikan koi atau yang biasa lebih dikenal dengan nama Nishikigoi atau jinli, yang secara harfiah berarti 'ikan mas brokat' merupakan varietas berwarna dari spesies ikan Cyprinus rubrofuscus.

Varietas ini dibedakan berdasarkan warna, skala, dan pola. Ikan koi umumnya ditemukan dalam warna putih, merah, hitam, biru, kuning, dan krem. Sebagai informasi, ikan koi ini diyakini berasal dari China namun kemudian digunakan oleh Jepang sebagai sumber makanan. Pada pertengahan 1800-an, Jepang mulai membiakkan ikan ini untuk daya tarik estetika mereka.

Menariknya, ikan koi adalah ikan yang sangat pintar karena mereka mampu dilatih untuk makan melalui makanan yang disodorkan tangan. Mereka adalah omnivora yang memakan tanaman tambak. Ikan koi juga hidup untuk waktu yang sangat lama. Umur rata-rata mereka sekitar 50 tahun, dan panjangnya bisa 36 inci.

Nah, dari sekian banyak jenis ikan koi yang ada, beberapa diantaranya begitu populer karena memiliki corak yang indah dan unik. Buat kamu yang ingin tahu apa saja jenisnya, Fimela.com kali ini akan membagikan informasi 5 jenis ikan koi yang populer dan memiliki corak warna yang indah. Simak informasi selengkapnya berikut ini.

Kohaku Koi

Kohaku Koi
Ilustrasi Ikan Kohaku Koi Credit: pexels.com/Quanh

Jenis ikan koi yang populer serta memiliki corak warna indah pada urutan pertama ialah ikan Kohaku Koi. Ikan koi ini dianggap sebagai raja dari semua ikan koi. Ikan ini juga merupakan  varietas pertama ikan koi yang dikembangkan dengan dua warna. Keindahan sederhana dan megahnya menjadikannya pilihan favorit untuk akuarium atau kolam koi.

Ikan Kohaku koi memiliki tubuh yang berwarna putih yang menakjubkan (shiroji), dengan bercak merah menambahkan sedikit warna pada tampilan seragamnya. Sebagian besar ikan Kohaku memiliki hidung berwarna kekuningan.

Tanda merah, yang secara tradisional disebut hai, ada dua jenis. Jenis pertama adalah merah yang memiliki warna ungu. Tanda-tanda ini tampak cukup tebal, tetapi seiring bertambahnya usia ikan, tanda-tanda itu memudar, mengakibatkan tidak adanya margin yang tajam.

Taisho Sanke

Taisho Sanke
Ilustrasi Ikan Taisho Shanke Credit: pexels.com/pixabay

Jenis ikan koi kedua yang populer dan memiliki corak warna yang indah ialah taisho sanke. Taisho Sanke  juga dikenal sebagai Taisho Sanshoku atau hanya Sanke. Sanshoku berarti tiga warna. Nama ini sesuai dengan kehadiran tiga warna pada tubuh jenis koi - putih, merah, dan hitam.

Ikan ini sekilas nampak mirip dengan koaku Kohaku. Sama seperti Kohaku, ia memiliki tubuh putih (shiroji) dengan tanda berwarna merah (hai). Satu-satunya perbedaan adalah adanya tanda hitam (tanda Sumi) di tubuhnya. Taisho Sanke adalah di antara 'Tiga Besar' di dunia ikan koi.

Showa

Showa
Ilustrasi Jenis Ikan Showa Credit: pexels.com/pixabay

Jenis ikan koi ketiga yang juga tidak kalah populer dan indah dari ikan koi lainnya ialah ikan showa. Showa juga dikenal sebagai Showa Sanshoku atau Showa Sanke. Seperti yang disebutkan sebelumnya, sanshoku berarti tiga warna. Showa mendapatkan namanya karena kehadiran warna putih, merah, dan hitam di tubuhnya.

Showa sangat mirip dengan Sanke. Namun, perbedaan utama yang membedakan kedua jenis ikan koi adalah Karasu (tubuh berwarna hitam) dari Showa. Showa memiliki tanda berwarna putih dan merah di atas sebagian besar tubuh atau pangkalan berwarna hitam.

Tancho

Tancho
Ilustrasi Jenis Ikan Tancho Credit: pexels.com/pixabay

Keempat, jenis ikan koi selanjutnya yang juga terkenal dan menarik ialah ikan jenis tancho. Ikan koi Tancho diberi nama sesuai dengan burung nasional Jepang, Tancho Crane, yang memiliki bintik merah menonjol di kepalanya. Tancho sederhana dan ramping dan dikenal untuk pigmentasi merek dagang (bintik merah) di kepalanya.

Tancho Kohaku adalah Tancho paling indah. Warnanya putih salju dan memiliki bintik merah-merah di kepalanya. Tempat ini secara tradisional berbentuk bundar, tetapi dapat ditemukan dalam bentuk simetris lainnya juga.

Untuk jatuh di bawah payung Tancho, titik di kepala harus simetris, apakah berbentuk lingkaran, oval, berbentuk hati, atau berbentuk berlian. Titik harus merupakan ukuran yang mendominasi dan tidak boleh berbintik-bintik. Karakteristik yang menentukan dari ikan koi Tancho adalah tempat tunggal, jelas, menonjol, berwarna merah.

Utsuri

Utsuri
Ilustrasi Ikan Jenis Utsuri Credit: pexels.com/pixabay

Terakhir, jenis ikan koi yang unik dan langka ini ialah ikan koi jenis utsuri. Utsuri bukan hanya satu jenis ikan koi. Ini adalah nama kategori, Utsurimono, yang mencakup tiga jenis ikan koi Utsuri; Shiro Utsuri, Ki Utsuri, dan Hi Utsuri. Utsurimono berarti refleksi. Ikan koi yang termasuk dalam kategori Utsuri memiliki tubuh berwarna hitam (Karasu) dengan tanda merah (hi), putih (shiroji), atau kuning (ki).

Kategori ini diberi nama Utsurimono untuk menunjukkan pola merah, putih, atau kuning yang menunjukkan pantulan warna pada tubuh ikan koi.

Lanjutkan Membaca ↓