Mengenal Arti Istilah Wibu yang Sering Disebut Dalam Dunia Anime

Kezia Prasetya Christvidya08 Agu 2020, 13:35 WIB
wibu-kezo

Fimela.com, Jakarta Istilah wibu sangat sering disebut di dalam dunia Anime Jepang, yang artinya jarang diketahui sebagian orang. Bahkan di media sosial sering kali menyebut istilah wibu, dan menyebarkan tetang hal-hal berbau wibu.

Seseorang bisa dikatakan sebagai wibu kalau ia sering mempublikasikan tentang budaya Jepang, mengunakan pakaian ala Jepang, dan selalu membahas apapun yang berbau Jepang, hingga menggunakan aksen berbicara ala Jepang.

Ada juga seseorang yang disebut sebagai wibu, karena orang tersebut tidak peduli dengan budaya sendiri, lebih sering berkumpul dengan komunitas Jepang, suka menyendiri serta anti sosial.

Diartikel kali ini, Fimela akan membahas lebih dalam lagi tentang arti istilah wibu, yang sering digunakan oleh orang-orang dalam dunia anime dan Jepang, dilansir dari berbagai sumber:

Asal Kata Wibu

ilustrasi arti kata wibu/pixabay
ilustrasi arti kata wibu/pixabay

Sering kali istilah wibu disebut-sebut di dalam dunia Anime Jepang, tanpa tahu asal dari kata wibu tersebut. Ternyata istilah wibu berasal dari weaaboo atau weeaboo, yang merupakan istilah dari Jepang, untuk menjuluki seseorang yang fanatik terhadap anime.

Sebutan wibu itu juga diberikan kepada seseorang yang menyukai lagu-lagu Jepang, idol dari Jepang, berpenampilan ala Jepang, dan hal lain sebagainya yang berkaitan dengan Anime Jepang.

Seseorang yang mendapat istilah wibu, biasanya dicap negatif oleh lingkungannya. Padahal orang yang menyukai dunia Anime Jepang, tidak semuanya memiliki perilaku yang buruk, masih ada orang yang tetap menjunjung tinggi hal-hal berbau Indonesia.

 

Arti Wibu Nolep atau No Life

ilustrasi arti wibu/pixabay
ilustrasi arti wibu/pixabay

Ternyata istilah wibu memiliki beberapa macam, seperti wibu nolep atau wibu no life. Arti dari istilah wibu itu sendiri, adalah sebutan untuk orang yang sangat fanatik dengan hal yang berbau Anime Jepang.

Sedangkan istilah wibu nolep atau no life, merupakan julukan untuk seorang wibu yang dilihat dari aktivitas sosialnya. Seseorang yang disebut wibu nolep, merupakan seseorang yang anti sosial, lebih suka menyendiri di kamar, tidak memiliki teman di dunia nyata, tapi ia sangat asik dengan kehidupan dirinya sendiri dan kehidupan bersama anime

Arti Wibu Bau Bawang

ilustrasi arti wibu/pixabay
ilustrasi arti wibu/pixabay

Ada lagi istilah yang tak asing di telinga, yaitu istilah wibu bau bawang. Sebutan ini lumayan unik, tapi memiliki arti sindiran untuk wibu terlalu fanatik, hingga lupa untuk mengurus dirinya sendiri.

Istilah wibu bau bawang ini di populerkan pertama kali oleh seorang Youtuber bernama Ericko Lim, ketika ia sedang menghadiri sebuah acara event cosplay. Ia menyebut wibu tersebut berbau bawang, karena beberapa wibu ada yang terlalu fanatik dengan jejepangan, tanpa memperdulikan diri dan lupa mandi.

Wibu Berbeda dengan Otaku

ilustrasi arti wibu/pixabay
ilustrasi arti wibu/pixabay

Banyak orang-orang yang menyamakan istilah wibu dengan istilah otaku. Namun ternyata istilah wibu, memiliki arti yang berbeda dengan otaku.

Julukan otaku di Jepang, ditujukan untuk orang-orang yang hanya fanatik pada anime Jepang. Sebenarnya pada tahun 1990an, seseorang yang mendapat julukan otaku adalah orang yang hanya menekuni salah satu hobi atau bidang, tetapi seiring perkembangan zaman, istilah otaku ditujukan pada hinaan dan diskriminasi. 

Sedangkan wibu merupakan julukan untuk seseorang, yang fanatik dengan anime, dan juga fanatik dengan segala hal berbau Jepang.

Hubungan Waifu dan Wibu

ilustrasi arti wibu/pixabay
ilustrasi arti wibu/pixabay

Seorang wibu sering kali dikaitkan dengan waifu. Biasanya seorang wibu memiliki fantasi sendiri, dan terlalu mencintai tokoh anime, terutama tokoh atau karakter anime yang lawan jenis. Bahkan ada beberapa orang yang menganggep karakter anime itu adalah pacarnya. 

Sebutan wifu sebenarnya ditujukan untuk seorang wibu, yang terlalu mendambakan karakter anime perempuan, yang menganggep karakter tersebut adalah istrinya.

Hal ini sangat berbahaya jika ada seorang wibu yang memiliki waifu. Ini tandanya ia akan melupakan lingkungan atau dunia nyata, dan akan susah untuk membuka diri dan berkenalan dengan lawan jenis.

 

Lanjutkan Membaca ↓