Kenali Ciri-Ciri Asam Lambung Naik agar Tidak Sakit Fatal

Kezia Prasetya Christvidya08 Agu 2020, 08:35 WIB
asam lambung-kezo

Fimela.com, Jakarta Penyakit asam lambung biasanya juga disebut dengan gastroesophageal reflux disease (GERD), yang merupakan penyakit lambung, dan membuat bagian dada terasa terbakar hingga naik ke kerongkongan. Penyakit asam lambung ini bisa menyerang anak kecil maupun orang dewasa.

Asam lambung naik bisa muncul kapan saja, dan bagi yang memiliki penyakit asam lambung akut, asam lambung ini bisa muncul minimal 2 kali dalam seminggu. Asam lambung naik memiliki gejala yang hampir sama dengan serangan jantung, karena membuat bagian dada terasa nyeri.

Jika asam lambung naik ini tidak segera disadari, penyakit ini bisa menyebabkan kompilasi penyakit lainnya, seperti penyakit asma, yang bisa mengganggu aktivitas sehari-hari.

Yuk kenali ciri-ciri asam lambung naik, agar tidak sakit fatal, dilansir dari berbagai sumber:

Penyebab Asam Lambung Naik

ilustrasi Kenali Ciri-ciri asam lambung naik/pixabay
ilustrasi Kenali Ciri-ciri asam lambung naik/pixabay

Asam lambung naik terjadi karena otot kerongkongan bagian bawah atau yang disebut otot LES, mengalami kondisi yang melemah. Pada kondisi normal, otot LES melakukan kontraksi, dan menutup saluran ke kerongkongan setelah makanan turun ke lambung. 

Namun ketika asam lambung naik, otot LES menjadi lemah, lalu kerongkongan akan tetap terbuka, dan asam lambung akan naik kembali ke kerongkongan.

Asam lambung naik ini bisa terjadi kepada orang yang memiliki kondisi orang lanjut usia atau lansia, orang yang obesitas, perokok, orang yang langsung tidur setelah makan, dan perempuan yang sedang hamil.

Ciri-ciri Asam Lambung Naik

ilustrasi ciri-ciri asam lambung/pixabay
ilustrasi ciri-ciri asam lambung/pixabay

Pada saat asam lambung naik, ciri-ciri utama yang nempak adalah timbulnya rasa terbakar, pada bagian dada yang terasa hampir sama dengan penyakit jantung. Pada saat rasa terbakar ini, asam lambung akan naik memlalui katup otot esophagus.

Selain rasa terbakar pada bagian dada, asam lambung naik memiliki ciri-ciri atau gejala mual, perut terasa kembung, tenggorokan terasa mengganjal, mulut terasa asam atau pahit, dan ulu hati terasa nyeri.

Cara Pengobatan Asam Lambung

ilustrasi pengobatan asam lambung/pixabay
ilustrasi pengobatan asam lambung/pixabay

Ketika asam lambung naik, lebih baik segera memeriksakan diri ke dokter, untuk membantu mengurangi keluhan-keluhan yang muncul, dan tidak menyebabkan penyakit kompilasi lainnya yang fatal. Biasanya dokter akan memberikan obat, yang memiliki fungsi untuk menetralkan asam lambung, menurunkan produksi asam lambung, dan obat yang mempercepat pengosongan lambung.

Contoh obat yang biasa digunakan untuk mengatasi asam lambung naik adalah antasida. Pada beberapa kasus, ada juga yang harus ditangani melalui proses operasi, untuk menyembuhkan penyakit asam lambung akut.

Cara Mencegah Asam Lambung Naik

ilustrasi cara mencegah asam lambung naik/pixabay
ilustrasi cara mencegah asam lambung naik/pixabay

Agar asam lambung tidak naik, ada beberapa cara yang bisa dilakukan sebagai upaya pencegahan, sebelum asam lambun naik dan menyebabkan penyakit fatal lainnya.

Sahabat Fimela bisa merupah pola hidup yang lebih sehat, dengan menghindari makanan berlemak, makanan terlalu asam, makanan terlalu pedas, kafein, soda dan alkohol.

 

Lanjutkan Membaca ↓