Mengenal Sistem Pembayaran Digital yang Wajib Dicoba

Kezia Prasetya Christvidya08 Agu 2020, 12:35 WIB
paypal-kezo

Fimela.com, Jakarta Zaman sekarang adalah zaman yang semakin canggih, dimana hampir semua hal bisa dilakukan dengan cara digital. Karena kemajuan teknologi yang semakin canggih, maka bidang transaksi keuangan pun semakin canggih, dengan menggunakan cara digital ketika bertransaksi.

Pada zaman nenek moyang, tiap orang yang akan melakukan transaksi hanya menggunakan barter atau saling tukar menukar barang, sebagai alat pembayaran. Kemudian muncul uang tunai, dan pembayaran pun dilakukan dengan menggunakan uang tunai. Tetapi di zaman modern ini, pembayaran bisa dilakukan dengan sistem non-tunai.

Sistem pembayaran non-tunai adalah sistem pembayaran yang canggih dan modern. Karena Sahabat Fimela tidak perlu repot membawa uang tunai dengan jumlah yang banyak, dan tidak perlu membawa dompet besar saat berpergian. Bahkan di zaman sekarang ini melakukan pembayaran bisa menggunakan aplikasi, yang bisa diunduh dari telepon pintar.

Di artikel kali ini, kita akan mengenal sistem pembayaran digital di zaman modern, yang serba canggih ini, dilansir dari berbagai sumber:

Pembayaran Digital

ilustrasi pembayaran digital di zaman modern/pixabay
ilustrasi pembayaran digital di zaman modern/pixabay

Di zaman modern ini, mulai populer dengan pembayaran secara digital atau pembayaran non-tunai. Pembayaran digital ini merupakan sebuah pembayaran yang menggunakan media berteknologi, dan dilakukan dengan menggunakan perangkat elektronik atau telepon pintar.

Dengan adanya alat pembayaran digital ini, Sahabat Fimela bisa melakukan transaksi kapan dan dimana saja. Pembayaran digital juga lebih aman dari pada menggunakan uang tunai. Pembayaran digital juga memiliki banyak keuntungan, seperti mendapatkan potongan harga dan bonus saat berbelanja online.

Pembayaran digital juga memiliki beberapa tipe, seperti mobile banking, SMS banking, internet baking, dan juga uang elektronik yang sedang populer di zaman sekarang.

PayPal

ilustrasi pembayaran digital/pixabay
ilustrasi pembayaran digital/pixabay

PayPal adalah sistem pembayaran digital yang lumayan populer. PayPal bisa digunakan untuk menggantikan transaksi konvensional berupa cek dan transfer uang. PayPal hampir sama dengan rekening online, yang bisa digunakan untuk melakukan pembayaran atau transaksi online, dan bisa menerima uang dari orang lain yang memiliki akun PayPal atau kartu kredit.

Bagi Sahabat Fimela yang ingin memiliki akun PayPal, maka siapkanlah alamat email yang valid dan bisa diakses, lalu kartu identitas seperti KTP, dan statement bulanan kartu kredit yang masih aktif untuk proses verifikasi.

 

Go-Pay

Go-Pay adalah layanan financial technology atau fintech yang dimiliki oleh aplikasi Go-Jek. Go-Pay adalah sistem pembayaran digital yang sangat populer di zaman modern ini. Bahkan dibeberapa toko, banyak yang menerima pembayaran melalui aplikasi Go-Jek, dan bagi pengguna Go-Jek, biasanya akan mendapatkan potongan harga atau bonus, setelah melakukan pembayaran dengan menggunakan Go-Pay.

Go-Pay memiliki banyak fungsi yang bisa digunakan seperti untuk sistem pembayaran belanja online, membayar tagihan, isi ulang pulsa, dan lain-lain. Go-Pay juga bisa digunakan untuk mengirim uang ke bank.

OVO

ilustrasi pembayaran digital/pixabay
ilustrasi pembayaran digital/pixabay

Pembayaran digital di zaman modern yang berikutnya adalah OVO. Pasti Sahabat Fimela tidak akan merasa asing dengan OVO. OVO merupakan alat pembayaran digital yang cukup populer juga, di kalangan remaja, muda dan tua di negara Indonesia.

OVO merupakan aplikasi yang bisa diunduh melalui telepon pintar. OVO memiliki banyak sekali fungsi, yaitu membayar langganan internet, listrik, isi pulsa, berbelanja online dan mengirim uang ke sesama pengguna OVO atau ke antar bank.

Untuk mengisi saldo OVO pun sangatlah mudah. Karena bisa dilakukan melalui ATM, m-Banking, internet banking, debit card, atau melalui merchant-merchant tertentu.

DANA

Pembayaran digital juga bisa dilakukan dengan menggunakan DANA, yang bisa membantu memudahkan untuk melakukan transaksi non-tunai. DANA juga bisa digunakan untuk membayar tagihan listrik dan air, bayar cicilan, asuransi, serta BPJS dan lain sebagainya.

Aplikasi DANA juga bisa digunakan untuk melakukan transaksi seperti membeli makanan. Biasanya DANA akan memberikan promo, dan memberikan potongan harga, saat melakukan pembayaran.

Lanjutkan Membaca ↓