Ulasan Bringing Up Bebe, Rahasia Kedamaian Pengasuhan ala Prancis

Endah Wijayanti08 Agu 2020, 09:49 WIB
bringing up bebe

Fimela.com, Jakarta Mendidik, membesarkan, dan mengasuh anak bukanlah tugas yang mudah. Orangtua berperan besar untuk memaksimalkan tumbuh kembangnya. Ada banyak tantangan dan hambatan yang dihadapi orangtua dalam membesarkan anak. Maka dari itu, orangtua perlu membekali diri dengan ilmu dan wawasan tentang cara pengasuhan anak yang tepat.

Ada buku menarik soal pengasuhan anak ala Prancis. Judulnya Bringing Up Bébé, Rahasia Kedamaian Pengasuhan ala Prancis. Buku ini ditulis oleh Pamela Druckerman seorang mantan reporter The Wall Street. Setelah dipecat dari pekerjaannya, ia pindah ke Prancis dan tinggal di apartemen bersama Simon, jurnalis Inggris yang telah membuatnya jatuh cinta. Tak lama kemudian, ia pun mengandung dan memiliki anak. Setelah melahirkan anak pertama, Pamela melahirkan anak kembar. Membesarkan tiga anak di Prancis memberinya banyak pengalaman baru sekaligus memahami gaya pengasuhan ala Prancis.

Bayi yang baru lahir biasanya akan membuat orangtua terjaga. Setiap malam ia akan sering terbangun dan menangis. Beberapa minggu setelah melahirkan dan membawa bayinya pulang, Pamela mendapat pertanyaan dari tetangga sekitarnya, "Apa dia sudah melakukan tidur malamnya? Pertanyaan yang cukup aneh karena menurut Pamela wajar bagi bayi untuk sering terbangun pada malam hari. Namun, ternyata para orangtua Prancis menganggap tidur sepanjang malam bagi bayi sangatlah penting. Bahkan mereka punya cara sendiri untuk melatih bayinya bisa tidur sepanjang malam.

Ada banyak hal baru yang dijumpai Pamela soal gaya pengasuhan anak ala Prancis. Mulai dari melatih bayi untuk bisa tidur sepanjang malam, membuat anak bisa bersabar dan belajar menunggu, melatih anak bisa makan dengan tenang di meja makan, hingga soal adab dan kesopanan. 

Bringing Up Bebe

bringing up bebe 2
Bringing Up Bebe./Copyright Endah

Judul: Bringing Up Bébé, Rahasia Kedamaian Pengasuhan ala Prancis

Penulis: Pamela Druckerman

Penerjemah: Ade Kumalasari dan Yusa Tripeni

Penyunting: Ika Yuliana Kurniasih dan Noni Rosliyani

Pemeriksa aksara: Nunung Wiyati

Perancang sampul: Larasti Apsari dan Anggersatya

Penata letak: Nuruzzaman dan Anggersatya

Penerbit: Bentang Pustaka

Cetakan Pertama, Februari 2020

Menjadi ibu, bukan berarti harus mengorbankan banyak hal kesenangan kita. Anak tidak harus selalu menjadi pusat perhatian keluarga. Tanpa mengesampingkan kebahagiaan anak, kita pun harus bahagia dengan peran baru ini. Itulah yang didapatkan Pamela Druckerman, seorang jurnalis asal Amerika selama tinggal di Prancis.

Orang tua Prancis tidak pernah stres dalam mengasuh anak. Tidak ada drama makan, karena anak-anak Prancis memakan apa pun yang ada di meja makan, termasuk sayur. Tidak ada perdebatan jam tidur, karena anak-anak akan masuk ke kamar tepat waktu sehingga orang tua bisa beristirahat. Orang tua Prancis tidak pernah membiarkan media sosial mengatur keputusan hidupnya dalam pengasuhan anak.

Meskipun demikian, anak-anak Prancis tetap tumbuh dengan bahagia, kreatif, dan punya rasa ingin tahu tinggi. Bukankah hal itu adalah pengasuhan yang didamba selama ini?

Temukan rahasia pengasuhan ala Prancis di dalam buku ini. Sebab, menyeimbangkan hidup sebagai ibu, istri, dan wanita adalah kunci kedamaian keluarga.

***

"Anak-anak adalah entitas yang terpisah dan mumpuni, yang memiliki selera, kesenangan, dan pengalaman mereka sendiri mengenai dunia." (hlm. 329)

Pamela menggabungkan pengalaman pribadi, obrolan-obrolan dengan para ibu Prancis, wawancara dengan para dokter dan pakar tentang pengasuhan anak, dan referensi-referensi tentang cara mendidik serta mengasuh anak dari para ahli. Menjalani peran sebagai seorang ibu memang tak selalu mudah. Ada saja hal-hal yang membuat tertekan dan frustrasi. Melalui  gaya pengasuhan ala Prancis yang dipahami dan dipelajari Pamela, ia pun menerapkan banyak hal yang memberi pengaruh positif langsung terhadap buah hatinya.

Sungguh menarik ikut memelajari cara meningkatkan kepekaan dalam mengasuh dan mendidik anak. Meski ada banyak dilema dan mungkin hal-hal yang tidak selalu mudah untuk diterapkan tapi ada begitu banyak tips yang bisa langsung dicoba dalam pengasuhan anak. 

Di buku ini, ada pemahaman soal pentingnya memberi Jeda setiap kali anak menangis khususnya dalam melatih anak untuk bisa tidur sepanjang malam; melatih anak untuk mau bersabar dan menunggu; mengajari pentingnya mengucapkan kata maaf, terima kasih, halo, dan selamat tinggal; mengenalkan anak untuk bisa menemukan kesenangannya sendiri; hingga cara bagi ibu untuk menyeimbangkan hidupnya. Para ibu di Prancis banyak yang memilih untuk kembali bekerja setelah melahirkan. Sebagaimana yang banyak dialami oleh para ibu lainnya, para ibu Prancis juga merasakan rasa bersalah saat merasa belum bisa jadi ibu yang sempurna.

Orangtua bisa menikmati kopi dengan rileks dan anak-anak makan di meja dengan tenang. Anak-anak Prancis bisa dengan mudahnya menuruti kata-kata orangtuanya, saat diminta menunggu ia akan menunggu, saat dilarang melakukan sesuatu ia akan menurut. Itu beberapa gambaran yang membuat Pamela merasa begitu tertarik dengan gaya pengasuhan Prancis. 

Buku ini bisa dibaca oleh para calon ibu, para ibu, para pendidik, hingga kita yang tertarik dengan gaya pengasuhan ala Prancis. Disampaikan dengan gaya bercerita yang rapi, buku ini bisa menjadi salah satu referensi penting dalam mengoptimalkan tumbuh kembang anak.

#ChangeMaker

Lanjutkan Membaca ↓