4 Cara Menghapus Rasa Rindu terhadap Seseorang yang Semestinya Dilupakan

Endah Wijayanti08 Agu 2020, 12:55 WIB
rindu berat

Fimela.com, Jakarta Merindukan seseorang yang semestinya dilupakan tidak selalu mudah. Seseorang yang pernah hadir dan meninggalkan kesan dalam tak bisa dilupakan begitu saja. Rasa rindu pun kadang masih menghampiri.

Menepis rasa rindu bisa cukup rumit. Semakin kuat menolak rasa rindu, malah semakin kuat rasa rindu itu. Namun, bukan berarti kita harus berlarut-larut dalam rasa rindu yang menyesakkan dada.

1. Buka Mata, Terima Realita yang Ada

Saatnya untuk benar-benar membuka mata. Terima realita yang ada. Misalnya, seseorang yang kamu rindukan adalah orang yang kini telah pergi meski dulu pernah memberi kenangan indah dalam hidup. Maka, fokuskan pikiranmu ada pada saat ini. Berdamai dengan realita yang ada. Terima keadaan bahwa kini dia yang kamu rindukan sudah tidak lagi peduli padamu.

2. Biarkan Perasaan Rindu Itu Mengalir tapi Batasi

Tak apa merasakan rindu. Biarkan perasaan rindu itu mengalir. Izinkan dirimu merasakan rindu itu. Biarkan mengalir apa adanya tapi batasi. Setidaknya jangan tergoda untuk kembali stalking dia yang kini seharusnya sudah kamu relakan dan lepaskan. Akui bahwa kamu merasakan rindu supaya kamu bisa merasa lebih baik.

 

3. Alihkan Perhatian pada Hal Lain

Menyakiti Diri Sendiri
Ilustrasi./Credit: pexels.com/AndreaPiacquadio

Menyibukkan diri bisa jadi salah satu cara efektif untuk menghapus rasa rindu. Saat pikiran teralihkan pada kesibukan yang lain, maka kita tak akan lagi terlalu lama tenggelam dalam rasa rindu berkepanjangan. Ada hal-hal dan prioritas yang lebih penting yang perlu kamu lakukan saat ini daripada sekadar galau mengharapkan sesuatu yang sia-sia.

4. Berterima Kasih pada Dirimu Sendiri

Kadang cara terbaik untuk menghadapi saat-saat sulit adalah berterima kasih pada diri sendiri. Berterima kasih pada dirimu yang masih bisa tersenyum di saat yang pelik. Berterima kasih pada dirimu yang memilih untuk membuka lembaran baru, alih-alih tenggelam dalam trauma masa lalu. Saat merasakan rindu, berterima kasihlah pada dirimu yang masih bisa menghadirkan perasaan hangat dalam diri. Lalu, doakan yang kamu rindukan itu supaya dia tetap baik-baik saja.

Menepis dan menghapus rindu memang tak mudah. Butuh waktu dan proses sendiri untuk melakukannya. Semoga kamu yang sedang dilanda rindu saat ini bisa tetap kuat dan tegar.

#ChangeMaker

Lanjutkan Membaca ↓