4 Alasan Pentingnya Memanjakan Diri setelah Patah Hati

Endah Wijayanti08 Agu 2020, 13:48 WIB
merawat wajah

Fimela.com, Jakarta Kekasih memilih pergi? Cinta bertepuk sebelah tangan? Mengalami penolakan cinta? Saat sedang patah hati, dunia rasanya hancur lebur. Seakan tak ada harapan untuk melanjutkan hidup. Hari-hari yang dilalui pun terasa begitu kelam.

Bersedih memang sebaiknya secukupnya saja. Setelah itu, fokus jalani hari dengan hati yang lebih baru. Bahkan memanjakan diri setelah patah hati pun perlu dilakukan.

1. Memanjakan Diri Mengalirkan Cinta yang Baru

Kadang saat sedang patah hati kita cenderung menyalahkan diri sendiri. Kita menyalahkan diri sendiri atas keadaan yang terjadi. Seakan kita sudah tak layak untuk dicintai lagi. Dengan memanjakan diri atau setidaknya melakukan sesuatu yang kita sukai sendiri bisa mengalirkan perasaan lebih mencintai diri sendiri. Kita akan kembali menyadari bahwa hati kita ini berharga dan perlu kita jaga dengan baik. Sehingga tak perlu lagi berlarut-larut menangisi seseorang yang sudah tak peduli lagi.

2. Menyenangkan Hati Sendiri akan Memperkuat Jiwa

Hati terasa sangat rapuh saat kita mengalami pahitnya cinta dan patah hati. Saat tak ada orang lain yang bisa menghibur atau menenangkan diri kita, maka pilihan paling bijak yang bisa dilakukan saat ini adalah menyenangkan diri sendiri. Dari sini, jiwa kita bisa lebih kuat dan tegar. Sekadar mempercantik diri, potong rambut dengan gaya terkini, atau berganti model baju yang selama ini belum pernah kita coba bisa menghadirkan rasa bahagia dan membuat kita merasa lebih baik.

3. Untuk Bahagia, tak Bisa Selalu Bergantung pada Orang Lain

self-love
ilustrasi./copyright by Shutterstock

Tak ada sahabat yang bisa jadi teman curhat. Tak ada orang yang bisa menenangkan diri kita saat kita sedang dilanda rasa sedih. Seseorang yang sempat diharapkan akan menghadirkan banyak cinta ternyata malah berkhianat. Kita memang tak bisa menggantungkan kebahagiaan kita pada orang lain setiap saat. Maka dari itu, kita perlu bisa menemukan kebahagiaan kita sendiri terlebih dahulu supaya hidup terasa lebih ringan untuk kembali dijalani.

4. Memanjakan Diri Sendiri Mempercepat Luka Hati untuk Sembuh

Waktu mungkin akan menyembuhkan hatimu. Namun, dengan tekad dan kekuatan sendiri kamu bisa sembuh lebih cepat. Kamu akan menyadari bahwa ternyata hatimu dan jiwamu setegar karang. Kamu lebih kuat dari yang kamu kira. Patah hati hanyalah sebuah fase yang perlu dilalui dan dilewati. Ke depannya kamu perlu lebih fokus pada hal-hal yang lebih penting dalam hidupmu.

Semoga sakit hatimu bisa lekas sembuh. Tak apa untuk meluangkan waktu menyenangkan dan memanjakan diri sendiri bila itu bisa membuat hatimu lebih baik.

#ChangeMaker

Lanjutkan Membaca ↓