5 Tips Mengurangi Rasa Cemburu dalam Hubungan Asmara

Annissa Wulan14 Agu 2020, 11:00 WIB
Perselingkuhan

Fimela.com, Jakarta Apa antara kamu dan pasangan memiliki masalah dengan rasa cemburu dalam hubungan asmara? Sebenarnya, tidak masalah untuk memiliki rasa cemburu terhadap pasangan, namun tidak lantas menyebabkan masalah besar.

Hubungan asmara yang sehat dibangun atas dasar kepercayaan dan rasa hormat. Rasa cemburu bisa mematahkan rasa cinta dan menyebabkan perilaku negatif, seperti posesif dan ketergantungan.

Dilansir dari bustle.com, berikut ini adalah beberapa tips mengurangi rasa cemburu dalam hubungan asmara. Mulailah dengan jujur dengan diri sendiri terhadap apa yang menyebabkanmu marah.

1. Pertimbangkan ketidakamananmu sendiri

Di bawah rasa cemburu adalah rasa tidak aman terhadap diri sendiri. Rasa cemburu seringkali didasarkan pada ketakutan akan penolakan.

Cobalah untuk mengingat kembali mengapa pasangan memilih untuk bersamamu. Kurangi kesempatan untuk membandingkan diri sendiri dengan orang lain untuk menghilangkan rasa cemburu.

 

 

2. Pertimbangkan dari mana masalah kepercayaanmu berasal

selingkuh-kezo
ilustrasi alasan orang selingkuh/pexels

Rasa cemburu dapat memunculkan masalah mendasar ke permukaan. Kenali darimana rasa cemburu itu muncul, sebelum bicara dengan pasangan.

3. Mengembangkan harapan yang lebih realistis untuk hubungan tersebut

Penting untuk mengembangkan ekspektasi yang realistis dalam sebuah hubungan asmara dan ingat kamu tidak dapat mengontrol perilaku orang lain. Bicaralah secara terbuka dan jujur, berusahalah untuk saling pengertian dengan tujuan empati dan kasih sayang satu sama lain.

4. Menggunakan teknik karet gelang

Selingkuh
Ilustrasi selingkuh/copyright shutterstock By Dragon Images

Memasang karet gelang di pergelangan tangan dan setiap kali kamu merasa cemburu, kamu bisa menariknya. Dengan cara ini, kamu belajar bagaimana cara yang lebih baik untuk memberi toleransi terhadap emosi dan pikiran yang sulit.

5. Bicarakan dengan teman atau profesional

Penting untuk membicarakan perasaan kepada pasangan, namun perspektif dari seseorang di luar hubungan asmara juga seringkali dapat membantu. Jangan takut atau merasa terjebak, karena berbicara dengan orang lain bisa bermanfaat dan memungkinkan penyembuhan, perubahan, dan pertumbuhan pribadi.

#ChangeMaker

Lanjutkan Membaca ↓