Ciri-Ciri Teks Eksplanasi dan Cara Membuatnya

Kezia Prasetya Christvidya11 Agu 2020, 09:35 WIB
nulis-kezo

Fimela.com, Jakarta Teks eksplanasi adalah sebuah teks penjelasan tentang kejadian alam, sosial, ilmiah dan budaya. Teks eksplanasi juga merupakan sebuah teks yang berhubungan dengan sebab akibat suatu peristiwa.

Teks eksplanasi memiliki struktur tentang mengidentifikasi suatu kejadian, penggambaran suatu kejadian, pola rincian kronologis dan akibat, serta ulasan tentang suatu kejadian.

Teks eksplanasi menggunakan bahasa konjungsi di dalam setiap kalimatnya, dan juga menggunakan kata-kata lugas serta denotatif. Teks eksplanasi termasuk ke dalam jenis teks yang faktual. Teks eksplanasi lebih seperti sebuah pernyataan, bukan teks dengan kalimat perintah atau imperatif.

Berikut ciri-ciri teks eksplanasi, dan cara membuat teks eksplanasi yang mudah dan jelas, dilansir dari berbagai sumber:

Ciri-Ciri Teks Eksplanasi

ilustrasi ciri-ciri teks eksplanasi/unsplash
ilustrasi ciri-ciri teks eksplanasi/unsplash

Seperti yang sudah dibahas di atas, teks eksplanasi adalah teks yang berisi tentang sebab akibat, atau membahas tentang proses mengapa dan bagaimana, tentang suatu kejadian yang terjadi seperti bencana alam, sosial, ilmu pengetahuan, budaya dan lain sebagainya. dapat terjadi

Ciri-ciri dari teks eksplanasi adalah memiliki 3 unsur yang meliputi sebuah pernyataan umum, yang mengandung sebab dan akibat, serta memiliki unsur interpretasi.

Teks eksplanasi juga mengandung sebuah informasi yang berdasarkan fakta, memiliki sifat objektif, membahas sebuah peristiwa, yang ditulis menggunakan teks dengan bahasa informatif.

 

 

Menentukan Tema untuk Membuat Teks Eksplanasi

ilustrasi cara membuat teks eksplanasi/unsplash
ilustrasi cara membuat teks eksplanasi/unsplash

Teks eksplanasi memiliki pola-pola yang dibagi menjadi dua, yaitu pola pengembangan hubungan sebab akibat, dan pola pengembangan proses. Untuk menyusunan pola saat membuat teks eksplanasi, ada beberapa tahapan, dan tahapan yang pertama adalah membuat tema.

Tema adalah gagasan pokok atau ide pikiran, untuk membuat karya seperti teks eksplanasi. Dengan menentukan sebuah tema atau topik terlebih dahulu, Sahabat Fimela bisa fokus untuk memulai membuat teks eksplanasi. Tema juga bisa membantu mempermudah pembahasan tentang untuk siapa teks eksplanasi ini ditujukan.

Menyusun Kerangka Teks Eksplanasi

ilustrasi cara membuat teks eksplanasi/unsplash
ilustrasi cara membuat teks eksplanasi/unsplash

Setelah menentukan tema untuk membuat teks eksplanasi, langkah kedua adalah membuat kerangka. Dengan membuat kerangka sebelum menyusun teks eksplanasi, bisa membuat teks eksplanasi yang kamu buat lebih tersusun rapi.

Sebagai contoh, saat membuat teks eksplanasi dengan tema banjir, buatlah kerangka tentang pengertian banjir, lokasi, waktu kejadian, lalu sebab terjadinya banjir, hingga terjadinya banjir tersebut. Kerangka ini bisa membuat tulisanmu lebih enak untuk dibaca.

Mengembangkan Kerangka yang Sudah Disusun

ilustrasi cara membuat teks eksplanasi/unsplash
ilustrasi cara membuat teks eksplanasi/unsplash

Langkah terakhir saat membuat teks eksplanasi adalah mengembangkat kerangka yang sudah disusun sebelumnya. Kerangka yang sudah dibuat tadi, bisa dikembangkan menjadi sebuah teks yang informatif. Cara mengembangkannya pun bisa dengan menyusun daru pernyataan umum, identifikasi fenomena, proses kejadian atau fakta, dan menulis kesimpulan dari kejadian tersebut.

Lanjutkan Membaca ↓