Mengenal Jenis Alat Musik Ritmis dan Fungsinya

Kezia Prasetya Christvidya11 Agu 2020, 10:35 WIB
musik-kezo

Fimela.com, Jakarta Perkembangan teknologi modern tidak hanya terjadi pada kebutuhan gaya hidup, transportasi, alat komunikasi dan lain-lain. Teknologi modern juga berkembang ke dunia musik. Dengan adanya perkembangan teknologi di dunia musik, hal ini bisa membuat musik menjadi lebih enak di dengar.

Alat musik ritmis merupakan alat musik yang hanya dapat mengeluarkan beberapa nada unik, untuk mengiringi alat musik lainnya dalam lagu. Alat musik ritmis tidak bisa membuat sebuah irama pada lagu. Alat musik ritmis ini hanya digunakan untuk mengatur tempo lagu.

Ada beberapa jenis alat musik ritmis. Setiap jenis alat musik ritmis, memiliki bentuk dan cara memainkan yang berbeda-beda. Alat musik ritmis ada bisa mengeluarkan bunyi saat dipukul, digoyang atau digesek, agar mengeluarkan bunyi yang ritmis.

Yuk kenali beberapa jenis alat musik ritmis, dan fungsi dari alat musik ritmis, dilansir dari berbagai sumber:

 

Fungsi Alat Musik Ritmis

ilustrasi fungsi alat musik ritmis/pexels
ilustrasi fungsi alat musik ritmis/pexels

Alat musik ritmis memiliki banyak fungsi, seperti membuat sebuah lagu menjadi lebih hidup dan menjadi lebih enak didengar. Alat musik ritmis juga digunakan untuk mengatur sebuah tempo, baik tempo dalam lagu maupun tarian.

Alat musik ritmis juga memiliki fungsi untuk menjadi penanda, yang biasanya digunakan oleh komposer musik. Alat musik ritmis biasanya dijadikan patokan intro, verse dan reff.  

Alat musik ritmis juga memiliki fungsi sebagai penyempurna dari instrumen lainnya, seperti di dalam pertunjukan orkesta, alat musik ritmis banyak digunakan dan memiliki peran penting.

 

Rebana

ilustrasi alat musik ritmis/pexels
ilustrasi alat musik ritmis/pexels

Alat musik ritmis jenis rebana ini, memiliki dua jenis bunyi yang berbeda saat dimainkan. Bunyi pertama merupakan bunyi pukulan, jika bagian kulit pada rebana dipukul. Dan bunyi yang kedua adalah bunyi gemerincing.

Alat musik ritmis dijadikan pengiring lagu-lagu melayu. Rebana ini juga digunakan untuk keperluan seni. Alat ini juga digunakan untuk keperluan seni dan adat. Rebana berbentuk seperti drum kecil, yg pada bagian kulitnya berbentuk besar dan keras.

Kastanyet

ilustrasi alat musik ritmis/unsplash
ilustrasi alat musik ritmis/unsplash

Jenis alat musik ritmis yang kedua adalah kastanyet. Alat musik ini berbentuk seperti kerang, yang memiliki warna yang unik. Alat musik ini sering dikira mainan oleh kebanyakan orang.

Alat musik ritmis ini sangat mudah dimainkan. Kastanyet dimainkan dengan menyatukan dua sisinya seperti tepuk tangan. Kastanyet bisa dimainkan dengan dua atau tiga jari saja, yaitu dengan jempol, telunjuk dan jari tengah.

Conga

Alat musik ritmis yang selanjutnya adalah conga. Alat musik ini cukup terkenal di dunia. Conga berasal dari negara Afrika, yang disebut dengan tumbora.

Conga berbentuk seperti kendang. Conga juga digunakan untuk mengiringi musik pop modern. Alat musik ritmis ini terbuat dari serpihan kayu atau fiberglass.

Simbal

Simbal merupakan alat musik ritmis yang lumayan terkenal. Simbal memiliki banyak ukuran, mulai dari kecil hingga ukuran yang besar. Simbal terbuat dari logam, yang memiliki bentuk bulat seperti cakram.

Simbal biasanya ditaruh di drum, dan ada juga simbal tangan, yang bisa dimainkan dengan memadukan dua simbal. Simbal juga bisa dimainkan dengan stik.

#ChangeMaker

Lanjutkan Membaca ↓