Ragam Solusi bagi Jutaan UMKM untuk Go-Digital

Karla Farhana11 Agu 2020, 07:30 WIB
[Fimela] UMKM

Fimela.com, Jakarta Menyambut peringatan Hari Nasional UMKM Indonesia yang jatuh pada 12 Agustus 2020, Gojek melunurkan insiatif #MelajuBersamaGojek sebagai solusi inklusif dan komprehensif untuk UMKM Indonesia agar daoat go-digital. Hal ini bertujuan agar para UMKM tidak hanya mengandalakan toko offline, tetapi juga dapat memanfaatkan fitur dan fasilitas digital untuk menjalankan usahanya. 

Bukan hanya mempermudah jual-beli, inisiatif ini meliputi setiap langkah operasional bisnis sehari-hari, seperti pemasaran, pemesanan, pembayaran, pengiriman, hingga administrasi. Solusi ini bisa langsung digunakan semua jenis UMKM, dari yang berskala mikro hingga besar. 

Selain menyediakan solusi seperti layanan pengiriman GoSend dan GoBox, Gojek juga bekerja sama dengan pihak mitra pembayaran lainnya seperti QRIS dan Link Aja, serta penyedia logistik Pos Indonesia, Paxel, dan JNE. 

Menurut Co-CEO Gojek, Andre Soelistyo, UMKM kini berada di masa-masa sulit. Padahal, UMKM merupakan tulang punggung perekonomian Indonesia. Untuk itu, Gojek ingin mendorong pertumbuhan UMKM di masa yang penuh tantangan ini dengan menghadirkan ragam solusi yang lengkap, inklusif, dan mudah diterapkan para pegiat UMKM. 

“Saat ini adalah masa-masa sulit bagi jutaan UMKM yangmerupakan tulang punggung perekonomian Indonesia. Sejak awal berdiri, mendorong pertumbuhanUMKM adalah DNA Gojek, dan di periode penuh tantangan ini kami terus berupaya mengembangkansolusi yang lengkap, inklusif, dan mudah diterapkan yang membantu UMKM mempertahankan bisnissekaligus mengembangkan skala usahanya," jelasnya. 

Selain itu, Gojek juga menerapkan prinsip gotong royong dalam membentu UMKM, dengan bekerja sama dengan banyak pihak, terutama pemerintah. Sehingga, UMKM dapat lebih maju dan melewati masa sulit ini dengan baik. 

“Kami menerapkan prinsip gotong royong dalam membantu UMKM, yakni bekerja sama dengan banyak pihak khususnya pemerintah dan institusi lainnya yang memiliki misi serupa untuk mendorong UMKM naik kelas. Lewat inisiatif inklusif dari hulu ke hilir pada #MelajuBersamaGojek, harapannya kami bisa mempercepat transformasi UMKM dari bisnis tradisional menjadi usaha digital sehingga UMKM dapat terus berkontribusi positif untuk ekonomi Indonesia," lanjutnya. 

solusi ekosistem Gojek

[Fimela] UMKM
ilustrasi UMKM | pexels.com/@mentatdgt-330508

Inisiatif #MelajuBersamaGojek ini ditandai dengan diluncurkannya situs web Melaju Bersama Gojek yang bisa diakses seluruh pelaku UMKM. Dalam situs tersebut, kamu bisa mendapatkan solusi ekosistem Gojek yang paling tepat sesuai dengan bisnismu. 

Ragam solusi tersebut yang dihadirkan Gojek bagi para pelaku UMKM adalah: 

  • Selly: aplikasi keyboard dan dashboard yang memudahkan UMKM melayani pelanggan
  • MidTrans Payment Link: solusi pembayaran paling lengkap untuk usaha online
  • GoBiz: aplikasi lengkap untuk manajemen usaha pelaku UMKM (pesan-antar, pengaturanpromosi, pembayaran)
  • Moka: aplikasi kasir online dan alat pembayaran nontunai
  • GoSend & GoBox: layanan logistik dan pengiriman cepat, di dalam dan antar-kota
  • GoPay: e-wallet dan e-money nomor satu di Indonesia
  • GoFood: aplikasi pesan antar makanan terbesar di Asia Tenggara
  • GoShop: layanan belanja online dengan mudah

Selain itu, Gojek juga memberikan program pelatihan dan peningkatan kapasitas seperti Gojek Wirausaha, Go-Nusantara, Komunitas Laris Manis GoSend, dan Komunitas Partner GoFood. 

Menteri Keuangan RI, Sri Mulyani Indrawati, diwakili oleh Staf Ahli Menteri KeuanganRI Bidang Pengawasan Pajak, Nufransa Wira Sakti mengatakan, kondisi sekarang ini mengingatkannya pada pentingnya mendorong pelaku UMKM agar dapat menentukan strategi penyelamatan yang tepat. 

"Di tengah tantangan pandemi COVID-19 yang dihadapi seluruh dunia saat ini, UMKM selalu menjadi prioritas bagi Indonesia untuk memastikan roda perekonomian agar dapat terus berputar. Saya berharap inovasi dan solusi unggul yang diberikan oleh berbagai platform digital termasuk Gojek membantu UMKM dalam mengadopsi teknologi dan bertransformasi usahanya, dapat secara konsisten dilakukan. Selain itu, kondisi saat ini mengingatkan kita pentingnya mendorong pelaku UMKM di berbagai sektor menjadi formal, sehingga bagi pengambil kebijakan mudah menentukan strategi penyelamatan dan insentif secara akurat, tepat, dan cepat. Gerakan #MelajuBersamaGojek dan UMKM Indonesia ini saya harapkan hadir menjadi penyempurna seluruh dukungan berbagai inisiatif dan strategi Pemerintah untuk menjaga pertumbuhan ekonomi dengan semangat gotong royong lintas sektor."

Simak Video Berikut

Lanjutkan Membaca ↓