Sukses

Lifestyle

7 Fakta Penting yang Sering Terlewatkan tentang Gangguan Kesehatan Mental Bipolar

Fimela.com, Jakarta Bipolar bukan hanya gangguan kesehatan mental dengan perubahan suasana hati yang ekstrem. Bipolar ternyata mempengaruhi 4,4% orang dewasa di beberapa titik kehidupan mereka

Dilansir dari sheknows.com, berikut ini adalah beberapa fakta penting yang sering terlewatkan tentang gangguan kesehatan mental bipolar. Penasaran?

1. Anak-anak juga berisiko mengalami bipolar

Gangguan kesehatan mental bipolar biasanya didiagnosis pada anak remaja atau anak yang baru saja beranjak dewasa, namun ada juga yang mengalaminya saat anak-anak. Bipolar lebih sulit didiagnosis pada anak-anak karena gejalanya mirip dengan masalah kesehatan mental pada umumnya, seperti kecemasan.

2. Pasien tidak beralih antara depresi dan mania dengan cepat

Pada kenyataannya, siklus gangguan kesehatan mental bipolar biasanya terjadi selama beberapa bulan atau tahun, bukan dalam hitungan menit.

3. Bipolar bisa bersifat genetik

Individu yang memiliki kerabat tingkat pertama dengan bipolar lebih mungkin mengembangkan penyakit ini sendiri.

4. Bipolar sering salah didiagnosis

Misdiagnosis umum terjadi pada orang yang mengalami gangguan bipolar. Ketika pasien berada di tahap mania, mereka bisa mendapatkan diagnosis dengan gejala seperti gelisah dan kurang fokus.

5. Gejalanya bisa memburuk selama kehamilan

Ada sekitar 45% perempuan dengan gangguan kesehatan mental bipolar mengalami masa kambuh, baik depresi atau mania selama hamil.

6. Ciri dari bipolar adalah mania

Ciri dari gangguan kesehatan mental bipolar adalah mania. Episode mania diperlukan untuk mendiagnosis gangguan bipolar, bukan hanya perubahan suasana hati atau mudah tersinggung.

7. Berbahaya untuk mengobati bipolar hanya dengan antidepresan

Mengobati bipolar hanya dengan antidepresan dapat memicu episode mania.

#ChangeMaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading