Pulau Bintan, Salah Satu Surga Indonesia dengan Keindahan yang Menawan Hati

Endah Wijayanti11 Agu 2020, 11:02 WIB
sunset di pantai

Fimela.com, Jakarta Kita semua pasti punya pengalaman tak terlupakan terkait negeri kita tercinta Indonesia. Ada kebanggaan yang pernah kita rasakan sebagai bagian dari Indonesia. Kebanggaan terhadap keindahan alam Indonesia, kekayaan tradisi dan budaya, kecintaan terhadap masyarakat Indonesia, dan lain sebagainya. Kita pun punya cara tersendiri dalam mengartikan kebanggaan terhadap tanah air ini. Melalui Lomba Share Your Stories Bulan Agustus: Bangga Indonesia ini, Sahabat Fimela bisa berbagi cerita, pengalaman, dan sudut pandang tentang hal tersebut.

***

Oleh: Indri Addini

Indonesia adalah negara yang luas dengan ribuan pulau yang mungkin kita pun tidak mengetahui semua nama pulau-pulau itu. Pulau Bintan adalah salah satu pulau kecil yang menjadi bagian dari NKRI. Namun ternyata pesona Pulau Bintan dan kekhasannya belum banyak diketahui oleh banyak orang di Indonesia. Acap kali ketika menyebut nama Bintan orang dari luar wilayah Provinsi Kepulauan Riau akan bingung dan menanyakan lokasi detailnya. Namun pasti akan langsung terbayang ketika kami menyebutkan lokasinya berdekatan dengan Pulau Batam. 

Pernah suatu saat saya berbincang dengan seorang manajer hotel dengan pengalaman yang sudah cukup lama. Beliau mengatakan bahwa Bintan adalah Bali 10 tahun yang lalu. Kenapa Bali? Karena pesona Bintan memang terletak pada pantainya, sama halnya dengan Bali. Pantai pasir putih yang bersih, langit biru yang cerah dan lautan bak hamparan butiran berlian karena pancaran sinar matahari. Lokasinya pun strategis untuk menarik wisatawan asing karena lokasi Pulau Bintan sangat berdekatan dengan negara tetangga Singapura dan juga mudah diakses. 

Kita bisa menikmati pemandangan sunrise di tepi pantai berpasir putih dan berbatu. Tentu sahabat Fimela pernah menonton film Laskar Pelangi, sebagian pantai di Bintan dihiasi bebatuan besar seperti pada pantai di Bangka Belitung yang dapat sahabat Fimela saksikan dalam film tersebut. Di sisi utara menawarkan pemandangan sunset, dengan langit jingga yang menakjubkan dan matahari yang perlahan tenggelam bisa disaksikan dengan sangat jelas dan terkesan dekat. Taukah sahabat Fimela bahwa di Bintan terdapat kolam renang terbesar di Asia Tenggara? Ya, betul! Terbesar di Asia Tenggara dan bukan kolam renang air tawar sebagaimana kolam renang pada umumnya, melainkan lagoon dengan air laut. Menarik bukan?

Keindahan yang Tak Pernah Membosankan

indahnya bintan
Keindahan yang luar biasa./Copyright Indri Addini

Bahkan di malam hari pun langit Bintan masih sangat menakjubkan karena bintang-bintang terlihat dengan jelas dan jika beruntung kita bisa menyaksikan 'bintang jatuh' berulang kali. Hal yang tidak bisa kita nikmati ketika berada di kota besar. Seperti anak kecil saya pernah menghitung dan mencari-cari momen tersebut ketika camping di pantai. Bersuka-citanya saya ketika saya dapat menyaksikan momen tersebut sepanjang malam.

Saya yang sudah sedari kecil hidup dan tumbuh di Bintan bahkan tidak pernah merasa terbiasa dengan keindahan yang dihadirkan alam Bintan. Saya sangat menikmati dan selalu menantikan perjalanan saya saat pulang bekerja. Saya sering kali berhenti sejenak, menikmati sunset, lalu melanjutkan kembali perjalanan pulang. Seperti itulah gambaran keindahannya yang tidak sanggup untuk dilewati begitu saja. 

Ketahuilah bahwa suku asli di Pulau Bintan adalah suku Melayu. Iya, Melayu yang berkebangsaan Indonesia. Jika banyak orang mengira laksa dan roti jala (kami lebih sering menyebutnya roti kirai) maupun nasi lemak berasal dari negara tetangga, pada kenyataannya semua makanan itu adalah khas makanan Melayu. Meskipun penyebutannya dapat berbeda di masing-masing daerah. Bahkan bahasa Melayu sendiri bisa sangat berbeda aksennya di tiap daerah di Indonesia (bahkan dalam satu provinsi).

Saya sangat menghargai keunikan-keunikan tersebut. Saya percaya Indonesia indah di tiap sudut wilayahnya, baik dari segi keindahan alamnya, maupun suku budaya yang mendiami wilayahnya. Saya bangga dan beruntung untuk dapat menjadi bagian dari negara yang kaya ini. Semoga kita dapat saling menguatkan dan menjaga persatuan yang telah ada, terus saling menghargai perbedaan yang kita punya dan menjadi Indonesia yang benar-benar merdeka.

Mari kita lebih mengenal satu sama lain dan menjadikannya dekat sebagai Indonesia yang utuh. Salam saya dari Bintan untuk semua teman di seluruh penjuru Indonesia :)

#ChangeMaker

Lanjutkan Membaca ↓