Kampung Halaman di Tasikmalaya yang Tak Pernah Kulupa

Endah Wijayanti11 Agu 2020, 12:15 WIB
ilustrasi kampung halaman

Fimela.com, Jakarta Kita semua pasti punya pengalaman tak terlupakan terkait negeri kita tercinta Indonesia. Ada kebanggaan yang pernah kita rasakan sebagai bagian dari Indonesia. Kebanggaan terhadap keindahan alam Indonesia, kekayaan tradisi dan budaya, kecintaan terhadap masyarakat Indonesia, dan lain sebagainya. Kita pun punya cara tersendiri dalam mengartikan kebanggaan terhadap tanah air ini. Melalui Lomba Share Your Stories Bulan Agustus: Bangga Indonesia ini, Sahabat Fimela bisa berbagi cerita, pengalaman, dan sudut pandang tentang hal tersebut.

***

Oleh: Titin Sutinah

Rindu rasanya kalau membahas tentang kampung halaman. Masa kecilku sangat indah apabila aku ingat saat berkunjung ke kampung halaman ibuku. Kampung halaman ibuku berada di Tasikmalaya, tepatnya di kampung Bakung. Mengapa dikatakan kampung Bakung? Karena banyak sekali bunga Bakung yang tumbuh di sana.

Setiap aku liburan sekolah, ibuku pasti mengajakku ke sana. Aku berkunjung ke rumah paman bibiku dan saudara-saudara yang lain. Orang-orang di sana ramah-ramah, aku disambut bak putri raja. Semua kemauanku dituruti, seperti makan ayam bakar yang dibakar sendiri oleh pamanku, minum air kelapa yang diambil dari kebun paman sendiri, memancing ikan di balong (nama kolam ikan di kampung) dan lain-lain. Namanya juga anak paling kecil ya, pasti dimanja. 

 

Keindahan Alam yang Berkesan

bentuk kaki
ilustrasi./copyright By Seasontime (Shutterstock)

Kalau aku main ke sana pasti aku minta saudara sepupuku untuk mengantarkan aku jalan-jalan ke sawah sambil melihat pemandangan yang indah. Udara di sana sangat bersih. Kalau malam hari adalah momen yang aku tunggu-tunggu karena pasti ada kunang-kunang yang berterbangan (dulu belum ada listrik).

Indah sekali kalau diingat-ingat. Aku ingin kembali ke sana lagi suatu saat nanti. Aku mau menikmati kembali indahnya alam di sana, udara yang sejuk dan orang-orang ramah khas Indonesia. Aku bangga jadi bangsa Indonesia. Indonesia memiliki ciri khas yang tidak dimiliki oleh bangsa lain. Menjadikan kita unik, menyenangkan dan seringkali membuat orang lain bahagia.

#ChangeMaker

Lanjutkan Membaca ↓