5 Cara Nyaman Atasi Kesepian setelah Perpisahan

Endah Wijayanti12 Agu 2020, 07:45 WIB
sepi

Fimela.com, Jakarta Setelah mengalami perpisahan, biasanya ada rasa kesepian yang kita rasakan. Saat sudah tak lagi bersama seseorang yang dulu selalu mewarnai hari-hari kita, pasti akan muncul rasa sedih dan kehilangan yang begitu dalam. Kesendirian dan kesepian pun terasa begitu menyiksa.

Untuk mengatasi kesepian tak selalu mudah. Ada yang butuh waktu dan proses yang cukup panjang untuk berdamai dengan kesepian dan melanjutkan hidup dengan harapan yang lebih baik. Meski rasa hampa dan kosong membuat kita jadi limbung, selalu ada cara untuk bangkit dengan hati yang lebih tegar.

1. Bebaskan Hal-Hal yang Menyesakkan Dada

Wajar bila kita merasa sedih. Berbagai macam emosi negatif dan hal-hal yang menyakitkan hati pun terasa menyesakkan dada. Kalau memang ingin menangis, luapkan semua dengan air mata. Kalau ingin teriak, bebaskan diri untuk bisa melepaskannya. Mau marah pun silakan saja. Fase ini mungkin akan terasa berat tapi bila semua emosi negatif berasil kita lepaskan, akan lebih mudah untuk melangkah ke depannya. Bebaskan dirimu dari hal-hal yang bikin hatimu sesak.

2. Menerima Realita yang Ada dengan Lebih Terbuka

Kalau kita terus menyangkal kenyataan yang ada, akan sangat sulit untuk bisa mengatasi kesedihan yang ada dan kesepian yang melanda. Berdamailah dengan keadaan yang ada. Terima kenyataan yang sudah terjadi. Toh, waktu yang berlalu juga tak bisa dikembalikan lagi. Meski sulit dan pahit, tetap saja kamu perlu menerima kenyataan yang ada saat ini supaya tidak terus terkurung dalam kesedihan dan kesepian yang menyayat hati.

3. Jangan Terlalu Sering Menyalahkan Diri Sendiri

move on
Ilustrasi./copyright shutterstock

Memaafkan dan mengikhlaskan adalah pilihan paling bijak untukmu saat ini. Tak perlu lagi menyalahkan diri sendiri. Pun tak usah menyalahkan keadaan atau dia yang telah pergi. Kalau terus menyalahkan, batin malah tak akan bisa tenang karena kita akan terus saja membuat alasan. Meski awalnya sulit, tapi coba bersabar dan ikuti waktu yang mengalir. Rasa kesepian memang kadang tak bisa hilang dalam sekejap. Kita perlu memaafkan diri sendiri untuk bisa memeluk rasa kesepian dan membantu hati untuk lebih cepat sembuh.

4. Warnai Hari dengan Kesibukan dan Agenda Baru

Jangan harap bisa berdamai dengan kesepian bila masih menghabiskan waktu seharian sendirian galau berkepanjangan. Sibukkan dirimu dengan berbagai aktivitas baru. Saatnya untuk membuat jadwal agenda dan kegiatan yang lebih padat dari biasanya. Pikiran kita perlu pengalihan dan kesibukan baru agar tidak ada ruang kosong yang bisa diisi dengan kenangan-kenangan buruk. 

5. Yakin Perpisahan Bukan Akhir Segalanya

Bekas luka karena perpisahan dan kehilangan mungkin masih terasa. Kenangan dan ingatan yang tersimpan mungkin tak bisa hilang. Tapi tak perlu juga mengutuk atau menyalahkannya. Berdamailah dengan keadaan dan kehidupan yang dipunya saat ini. Yakinlah bahwa setelah ada perpisahan akan ada pertemuan-pertemuan yang lebih baik.

Semoga hatimu bisa segera membaik dan batinmu segera pulih, ya. Kesepian ini adalah sebuah fase yang sifatnya sementara saja. 

#ChangeMaker

Lanjutkan Membaca ↓