Mengenal Istilah Podcast dan Cara Membuatnya

Kezia Prasetya Christvidya12 Agu 2020, 11:35 WIB
podcast-kezo

Fimela.com, Jakarta Podcast merupakan trend terbaru bagi pembuat konten di media sosial. Podcast sangat terkenal di negara Amerika, Inggris dan australia, dan baru-baru ini podcast mulai terkenal di Indonesia. Podcast merupakan siaran non-streaming yang penyampaiannya melalui audio.

Podcast juga disebut dengan berkas digital yang berupa audio, yang bisa diunduh untuk di dengarkan para pendengarnya. Sebenarnya podcast hampir mirip dengan radio. Bedanya kalau podcast ada yang menggunakan video juga.

Podcast mulai digemari masyarakat di Indonesia, karena dari mendengarkan podcast, para pendengarnya bisa menambah informasi, berita dan edukasi. Yuk kenali tentang podcast lebih lanjut, dan juga cara membuat podcast agar dinikmati para pendengar, dilansir dari berbagai sumber:

 

Sejarah Podcast

ilustrasi sejarah podcast/unsplash
ilustrasi sejarah podcast/unsplash

Perkembangan podcast di indonesia berpotensi pesat. Podcast muncul pertama kali di dalam artikel  The Guardian tahun 2004, yang di tulis oleh Ben Hammersley. Podcast berasal dari kata Pod yang berarti Playable on Demand.

Awalnya podcast dirancang untuk diputar pada Mac dan juga iPod. Podcast mulai popular pada tahun 2007, dan di Indonesia podcast mulai diminati pendengar sejak tahun 2012.

Pengertian Podcast

Podcast merupakan siaran non-streaming yang penyampaiannya melalui audio. Podcast bisa didengarkan saja melalui aplikasi, dan juga bisa ditonton melaui video, seperti orang yang sedang mengobrol. Podcast juga disebut dengan berkas digital yang berupa audio, yang bisa diunduh untuk di dengarkan para pendengarnya. 

Orang yang membawakan podcast disebut dengan podcaster. Durasi podcast sendiri biasanya sekitar 10 menit hingga 90 menit, tergantung dari pembahasan yang dibawakan oleh podcaster. Podcast memiliki banyak kategori, mulai dari bisnis, pengembangan diri, edukasi, hingga curhatan tentang cinta.

Cara Membuat Podcast

ilustrasi cara membuat podcast/unsplash
ilustrasi cara membuat podcast/unsplash

Podcast sarana untuk berbagai tentang apapun, bisa untuk sarana curhat dan berbagai tentang ilmu atau informsi. Untuk membuat podcast agar lebih baik, sebaiknya siapkan terlebih dahulu tema, materi atau topik pembahasan yang akan dibagikan melalui podcast.

Banyak hal yang bisa dibahas melalui podcast, bisa jadi tentang hobi, isu terkini, dan hal-hal yang di sukai oleh publik. Hal ini bisa membuat pendengar tertarik untuk mendengarkan podcast yang kamu buat.

Podcast bisa dibuat dengan gaya bicara dan tema yang sesuai dengan ciri khas dirimu, agar berbeda dengan podcaster lainnya. Sahabat Fimela membuat podcast melalui aplikasi seperti soundcloud maupun apple podcast. Soundcloud bisa diunduh di playstore atauoun appstore.

Tak perlu menggunakan peralatan yang mahal, podcast bisa dibuat dengan aplikasi perekam suara dan pengedit suara. Untuk membuat efek audio yang tidak monoton, tambahkan musik yang sesuai dengan tema, namun jangan lebih dominan dari suara kamu ya.

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by