5 Manfaat Kerjasama dalam Keberagaman Beserta Pengertian dan Bentuknya

Imelda Rahma11 Agu 2020, 16:45 WIB
Kerjasama

Fimela.com, Jakarta Sebagai makhluk sosial, salah satu cara yang bisa dilakukan untuk melangsungkan kehidupan ialah dengan kerjasama. Melalui kerjasama, masalah apapun akan jadi leboh mudah teratasi. Mungkin kamu bisa menyelesaikannya sendiri, namun akan memakan waktu yang lebih lama dibandingkan dengan menyelesaikannya secara bersama-sama.

Kerjasama adalah istilah yang sederhana namun besar manfaat dan dampaknya bagi kehidupan kita. Kerjasama bisa diartikan sebagai sebuah hubungan kesepakatan untuk mengerjakan sesuatu secara bersama-sama. Hubungan kerjasama biasanya dilakukan ketika kedua pihak merasa bahwa kolaborasi tersebut dapat mendatangkan banyak keuntungan.

Selain dilakukan atas dasar sama-sama untung, kerjasama juga bisa terjadi akibat antar pihak saling membutuhkan. Misalnya kerjasama antara supplier dengan dropshipper, pekerjaan mereka saling membutuhkan satu sama lain untuk menjual dan mendistribusikan suatu produk.

Nah, jika kamu ingin tahu lebih banyak mengenai konsep kerjasama, Fimela.com kali ini akan mengulas 5 manfaat kerjasama dalam keberagaman beserta pengertian dan bentuknya. Simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Pengertian Kerjasama

Pengertian Kerjasama
Ilustrasi Kerjasama Credit: unsplash.com/CoWomen

Kerjasama ialah sebuah pekerjaan yang dilakukan oleh dua orang atau juga lebih agar bisa mencapai tujuan ataupun target yang sebelumnya sudah direncanakan dan juga disepakati secara bersama. Bisa juga diartikan sebagai sebuah tindakan-tindakan di dalam pekerjaan yang dilakukan oleh dua orang ataupun lebih agar bisa mencapai tujuan serta demi keuntungan bersama.

Biasanya didalam sebuah perusahaan atau juga lembaga-lembaga kerjasama tim sudah menjadi sebuah kebutuhan agar dapat mewujudkan keberhasilan di dalam mencapai tujuan. Kerjasama sebuah tim yang akan menjadi sebuah dorongan sebagai energi ataupun motivasi bagi setiap individu yang juga tergabung di dalam sebuah tim kerja.

Jika sebuah kerjasama tim bisa berjalan secara baik, maka sebuah kelancaran didalam berkomunikasi ataupun rasa bertanggung jawab kepada setiap individu yang ada didalam sebuah tim kerja akan dapat terbentuk.

Bentuk Kerjasama

Bentuk Kerjasama
Ilustrasi Kerjasama Credit: unsplash.com/SalesNavigator

Berangkat dari istilah yang sederhana, kerjasama ternyata dapat diklasifikasi menjadi beragam bentuk tergantung dari jenis kepentingan dan berapa banyak orang yang tergabung dalam kerjasama tersebut. Berikut beberapa bentuk kerjasama yang umum dan paling mudah ditemui:

  1. Tawar menawar atau Bargaining, ialah membentuk kerjasama tentang kesepakatan pertukaran produk atau juga jasa antara dua orang atau juga lebih.
  2. Koalisi atau Coalition, ialah gabungan dari dua lembaga organisasi atau juga lebih yang memiliki tujuan yang sama, mereka bekerjasama agar mencapai tujuan tersebut.
  3. Joint Venture, ialah kerjasama agar mengerjakan proyek-proyek tertentu supaya bisa cepat terselesaikan dan juga tujuan cepat tercapai.
  4. Cooptation, ialah proses kerjasama penerimaan dari berbagai unsur yang baru pada kepemimpinan sebuah organisasi, hal ini bisa dijadikan sebuah cara agar menghindari terjadinya sebuah kecurangan atau juga hal-hal yang tidak diinginkan yang dapat terjadi.
  5. Kerjasama Asas Kerukunan, ialah kerjasama yang didasari karena sebuah kerukunan sesama manusia, biasanya sebuah kerjasama yang didasari kerukunan tidak diharapkan imbalan atau juga upah.

Manfaat Kerjasama

Manfaat Kerjasama
Ilustrasi Manfaat Kerjasama Credit: unsplash.com/Akson

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya bahwa kerjasama memiliki banyak manfaat yang akan saling menguntungkan kedua pihak. Namun, manfaatnya ternyata tidak hanya itu saja, masih ada manfaat lain, apalagi jika kerjasama yang dilakukan melibatkan banyak orang yang beragam. Beragam disini maksudnya berasal dari daerah yang berbeda sehingga memiliki perbedaan budaya dan bahasa.

Berikut beberapa manfaat kerjasama dalam keberagaman yang perlu kamu tahu:

Dapat Menumbuhkan Rasa Persatuan dan Nasionalisme

Kerjasama dalam keberagaman akan sangat bermanfaat karena dapat menumbuhkan rasa persatuan dan nasionalisme. Dengan bekerjasama bersama banyak orang, pikiran dan pandanganmu akan lebih terbuka dengan kebudayaan baru yang sebelumnya tidak pernah kamu tahu.

Adanya Kolaborasi Ide yang Kreatif dan Unik

Melalui kerjasama, sangat besar kemungkinan sebuah ide-ide kreatif dan brilian muncul karena dalam prosesnya pasti satu sama lain akan saling memberikan ide. Melalui proses tersebut dapat tercipta sebuah konsep atau project yang unik dan menarik.

Pekerjaan Menjadi Lebih Cepat Selesai

Berikutnya, manfaat yang satu ini sebenarnya kondisional tergantung dari bagaimana karakter dan kinerja dari tiap-tiap orang yang bersatu untuk melakukan kerjasama. Jika karakter tiap pihak memang gigih dan serius maka pekerjaan akan lebih cepat selesai. Namun jika tidak, maka pekerjaan bisa menjadi lebih lama.

Lanjutkan Membaca ↓