Pengertian Franchise dan Tips Sukses Menjalankan Bisnisnya

Kezia Prasetya Christvidya12 Agu 2020, 08:35 WIB
bisnis-kezo

Fimela.com, Jakarta Franchise atau yang disebut dengan waralaba, merupakan model bisnis yang sedang populer di zaman sekarang. Banyak sekali orang yang sedang menjalankan bisnis model franchise. Selain membutuhkan modal yang tidak banyak, tetapi bisnis franchise bisa mendapatkan banyak keuntungan.

Franchise adalah tipe bisnis yang dimiliki dan dijalankan oleh beberapa orang, yang memiliki lokasi usaha yang berbeda tetapi memiliki nama merek yang sama. Sehingga merek tersebut bisa membuka cabang dimana-mana, bahkan hingga tersebar ke luar negeri.

Menurut Hukum Pemerintah Indonesia, waralaba atau franchise merupakan sebuah perikatan yang salah satu pihaknya diberikan hak untuk memanfaatkan dan menggunakan hak dari kekayaan intelektual (HAKI). Atau franchise adalah pertemuan dari ciri khas suatu usaha yang dimiliki pihak lain dengan suatu imbalan berdasarkan persyaratan yang ditetapkan oleh pihak lain, dalam rangka penyediaan dan atau penjualan barang dan jasa.

Yuk kenali lebih lanjut tentang pengertian franchise, dan tips sukses menjalankan bisnis franchise, dilansir dari berbagai sumber:

Mengenal Franchise

ilustrasi pengertian franchise/pexels
ilustrasi pengertian franchise/pexels

Seperti yang kita tahu, franchise adalah usaha yang dijalankan oleh beberapa individu yang menggunakan nama merek yang sama. Banyak merek populer yang menjalankan bisnis franchise, seperti Ace Hardware, Pizza Hut, McDonald’s, KFC, Burger King dan masih banyak lagi merek yang menjalankan bisnis franchise.

Menurut Asosiasi Franchise Indonesia, franchise atau waralaba merupakan suatu sistem pendistribusian barang atau jasa, kepada pelanggan dengan franchisor yang memberikan hak kepada individu atau perusahaan lain, untuk melaksanakan bisnis dengan brand, nama, sistem, prosedur dan cara-cara yang telah ditetapkan sebelumnya, dalam jangka waktu tertentu dan meliputi area tertentu.

Saat kamu menjalankan bisnis franchise, maka akan mendapatkan hak kepemilikan dari sistem bisnis, sistem harga, produk, serta teknik marketing yang sama.

Dengan membuka franchise, Sahabat Fimela juga akan mendapatkan logo, slogan, dan hal-hal lainnya yang berhubungan dengan brand tersebut.

Memiliki Ciri Khas

ilustrasi tips membuka franchise yanbg sukses/pexels
ilustrasi tips membuka franchise yanbg sukses/pexels

Tips menjalankan bisnis franchise yang pertama adalah memiliki ciri khas. Jika kamu akan membuat franchise dengan brand sendiri, maka harus membuat produk atau poin lain yang memiliki ciri khas tersendiri.

Tetapi jika membeli franchise milik orang lain, kamu bisa menambahkan fasilitas tambahan pada tokomu. Misalnya membuka bisnis franchise dibagian makanan, buatlah menu atau resep makanan yang unik, untuk menarik pelanggan untuk membeli makanan tersebut, dan membuat franchisee atau orang yang membeli franchise, tertarik untuk membeli brand kamu.

Memiliki Catatan Keuangan

ilustrasi tips menjalankan franchise/pexels
ilustrasi tips menjalankan franchise/pexels

Tips kedua untuk menjalankan franchise dengan sukses, yaitu dengan memiliki catatan keuangan yang teratur. Sahabat Fimela harus membuat pembukuan keuangan secara rutin baik secara sistem atau manual. Membuat pembukuan bisa menyewa jasa seseorang yang ahli dibidang akuntasi, atau melakukan pembukuan sendiri.

Memiliki catatan transaksi dan keuangan setiap hari, berfungsi untuk membantu mengetahui perkembangan bisnis franchise yang dijalankan setiap harinya. Catatan keuangan ini juga bisa untuk mengetahui produk-produk yang laku dijual atau tidak laku untuk dijual.

Membuat catatan keuangan bisa membuatmu terhindar dari kerugian saat menjalankan bisnis. Usahakan untuk menulis pengeluaran dan pendapatan setiap hari, baik pengeluaran dan pendapatan toko atau pribadi.

Memiliki SOP yang Jelas

ilustrasi tips menjalankan franchise/pexels
ilustrasi tips menjalankan franchise/pexels

Tips selanjutnya untuk menjalankan franchise adalah dengan memiliki SOP yang jelas. SOP adalah standar operasional prosedur, yang dijadikan sebagai acuan untuk toko dan karyawan, dalam menjalakan bisnis franchise, agar lebih teratur dan sukses.

Dengan adanya SOP yang jelas, franchise ini bisa memiliki standar yang berkualitas, seperti dalam standar pelayanan terhadap pelanggan, hingga standar produk yang dijual. SOP harus dibuat dengan sederhana, agar mudah dipahami dan dijalani bersama.

Memiliki Kesinambungan dengan Franchise

ilustrasi tips sukses menjalankan franchise/pexels
ilustrasi tips sukses menjalankan franchise/pexels

Tips terakhir saat menjalankan bisnis franchise agar sukses, yaitu tetap menjalankan kesinambungan dengan franchise. Saat membeli franchise, franchisor atau pemilik franchise akan melakukan pelatihan secara berkala terhadap franchisee atau orang yang membeli franchise.

Hal ini dilakukan untuk menjaga kualitas dan standar franchise tersebut. Franchise adalah sebuah bisnis atau usaha yang dijalankan oleh pemilik dan badan usaha yang berbeda-beda. Tetapi tetap menggunakan nama dan logo dari brand yang sama. Sehingga pelanggan atau pembeli akan menilai toko tersebut dari brand yang sama.

Sehingga sangat penting untuk menjaga kesinambungan franchise, untuk memiliki standar kualitas produk dan layanan, bahan produksi, peralatan dapur, seragam karyawan, dan hal-hal lainnya yang sama dengan brand tersebut.

Lanjutkan Membaca ↓