Pengertian Belajar Menerapkan Pola Hidup Sehat Beserta Tujuan dan Langkahnya

Imelda Rahma12 Agu 2020, 12:35 WIB
Sehat

Fimela.com, Jakarta Menjadi produktif, kamu perlu menerapkan pola hidup sehat agar tubuhmu senantiasa dalam kondisi prima. Apalagi ditengah pandemi seperti saat ini, menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh adalah sebuah keharusan. Memulai kebiasaan pola hidup sehat itu mudah dan bisa diawali dengan hal yang sederhana.

Pasalnya, kesehatan bukan lagi sesuatu yang bisa dikompromi atau ditawar-tawar. Jika tubuh jatuh sakit sampai terkena penyakit serius, maka yang akan merugi adalah diri kamu sendiri. Memang membiasakan diri untuk menerapkan pola hidup sehat itu butuh keyakinan kuat dan tidak akan bisa kamu lakukan tanpa konsistensi.

Namun, dampaknya nanti akan sangat baik, tidak hanya untuk kesehatanmu hari ini atau besok, tetapi untuk waktu yang panjang. Semakin rajin kamu membiasakan diri dengan pola hidup sehat maka hal tersebut nantinya tidak akan menjadi sulit. Salah satu cara penerapan pola hidup sehat ialah mengurangi makanan junk food dan rajin berolahraga.

Nah, ada baiknya kamu tahu lebih banyak mengenai pola hidup sehat agar kamu semakin termotivasi untuk menerapkannya. Maka dari itu, Fimela.com kali ini akan mengulas pola hidup sehat, mulai dari pengertian, tujuan, dna langkahnya. Simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Pengertian Pola Hidup Sehat

Pengertian Pola Hidup Sehat
Ilustrasi Pola Hidup Sehat Credit: unsplash.com/Bluebel

Dimulai dari definisi atau pengertiannya, pola hidup sehat adalah gaya hidup yang memperhatikan segala aspek kondisi kesehatan. Mulai dari makanan, minuman, nutrisi yang dikonsumsi dan perilaku kita sehari-hari. Baik itu dalam sebuah rutinitas olahraga yang tentu akan menjaga kondisi kesehatan dan juga membuatmu terhindar dari segala hal yang dapat menjadi penyebab penyakit bagi tubuh kita.

Sebagai informasi, dalam penerapan pola hidup sehat itu selalu berhubungan dengan faktor makanan yang menyehatkan serta menjauhi dari pola makanan tidak sehat yang nantinya akan menyebabkan tubuh menjadi terkoentaminasi dengan berbagai penyakit. Maka dari itu, pastikan bahwa makanan yang kamu konsumsi adalah makanan yang sehat dan dimasak dengan cara yang higienis.

Selain dari aspek makanan sehat dan bergizi, satu hal yang tidak boleh dilupakan adalah menjaga kondisi tubuh supaya tetap bugar dengan olahraga yg teratur dan menghindari tubuh kelelahan sehingga pikiran kita stress. Dengan selalu memperhatikan pola hidup sehat, hari-hari yang kita jalani pasti akan menjadi lebih baik.

Tujuan Pola Hidup Sehat

Tujuan Pola Hidup Sehat
Ilustrasi Penerapan Pola Hidup Sehat Credit: pexels.com/VisionPic

Tujuan dari penerapan pola hidup sehat yang paling utama ialah menjaga kesehatan tubuh itu sendiri. Hal ini karena kesehatan adalah kunci dari segalanya. Kita tidak akan mampu beraktivitas dan menciptakan hal- hal besar tanpa tubuh yang sehat.

Kemudian, dengan menerapkan pola hidup sehat dan kesehatan yang terjaga memungkinkan seseorang untuk dapat bertahan hidup jauh lebih lama. Opini ini cukup logis mengingat ada banyak dampak dari komplikasi sebuah penyakit yang dapat membuat nyawa seseorang menjadi terancam. Maka dari itu, belajar menerapkan pola hidup sehat penting agar kamu dapat hidup lebih lama.

Langkah-Langkah Penerapan Pola Hidup Sehat

Langkah-Langkah Penerapan Pola Hidup Sehat
Ilustrasi Pola Hidup Sehat Credit: pexels.com/Nathan

Untuk belajar memulai pola hidup sehat, kamu tentu harus mengetahui langkah-langkahnya agar proses penerapannya berjalan secara ideal. Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, belajar pola hidup sehat itu tidak susah, terkadang kamu hanya butuh niat saja untuk melakukannya. Berikut beberapa langkah pola hidup sehat yang perlu kamu perhatikan:

Selalu Mengonsumsi Makanan dan Minuman yang Sehat

Langkah pertama ialah memastikan bahwa setiap hari kamu mengonsumsi makanan dan minuman sehat. Makanan yang dikategorikan sebagai makanan yang sehat adalah makanan yang mengandung unsur-unsur zat yang dibutuhkan tubuh dan tidak mengandung bibit penyakit atau racun. Contoh makanan yang paling aman ialah sayur dan buah-buahan.

Kemudian, selain makanan yang sehat dan bergizi, kamu juga perlu mengonsumsi air minum yang sehat. Air minum yang sehat adalah air minum yang cukup mengandung mineral yang dibutuhkan tubuh. Air minum sehat juga berarti air minum yang bebas dari bibit penyakit dan racun.

Mendapatkan Asupan Gizi yang Seimbang

Berikutnya, lagkah kedua untuk menerapkan pola hidup sehat ialah selalu memastikan bahwa kamu mendapat asupan gizi yang seimbang setiap hari. Tentu saja hal ini memiliki korelasi terhadap makanan dan minuman apa saja yang kamu konsumsi.

Untuk mendapatkan gizi yang seimbang, memang kamu juga harus mengonsumsi makanan dan minuman yang bergizi, namun itu saja tidak cukup. Asupan gizi yang kamu dapatkan tadi harus dijaga dengan menghindari makanan dan minuman yang sekiranya kurang sehat dan berpotensi menimbulkan dampak yang kurang baik bagi tubuh.

Rajin Berolahraga

Selanjutnya, langkah yang ketiga ialah dengan rajin berolahraga. Hal ini tentu mutlak harus kamu lakukan karena dengan berolahraga, sejumlah manfaat baik bisa kamu dapatkan untuk kesehatan tubuh. Melalui olahraga, tubuhmu dan terutama tulang menjadi terbiasa untuk bergerak aktif.

Tidak hanya itu saja, olahraga juga akan mencegahmu dari bahaya obesitas. Hal ini karena pada saat berolahraga, tubuh akan mengeluarkan keringat dan itu tandanya lemak-lemak yang ada pada tubub ikut terbakar karena proses metabolisme selama berolahraga.

Istirahat yang Cukup dan Menghindari Begadang

Keempat, langkah yang perlu kamu lakukan selanjutnya untuk membiasakan diri dengan pola hidup sehat ialah istirahat yang cukup serta menghindari begadang. Istirahat yang cukup disini maksudnya adalah memiliki jam tidur yang ideal dan menghindari aktivitas lembur yang akan membuatmu kelelahan.

Begadang juga tidak baik, ada banyak efek buruk yang bisa timbul dan dialami oleh tubuh karena hobi begadang. Mulai dari tubuh yang lemas sampai pikiran yang akan mudah stres.

Memelihara Kebersihan Lingkungan

Terakhir, langkah yang harus dibiasakan selanjutnya ialah memelihara kebersihan lingkungan. Hal ini penting karena lingkungan yang kotor nantinya akan menyebabkan timbulnya sumber-sumber penyakit. Mulai dari penyakit kulit hingga penyakit pernapasan. Maka dari itu, selalu rajin bersihkan lingkungan dan atur ventilasi udara agar kamu selalu mendapatkan udara dengan kualitas yang bersih.

Lanjutkan Membaca ↓