Prinsip Membuat Poster agar Terlihat Menarik dan Mudah Dibaca

Kezia Prasetya Christvidya12 Agu 2020, 18:35 WIB
poster-kezo

Fimela.com, Jakarta Poster merupakan desain grafis, yang didasin dengan gambar dan kata-kata pada kertas yang berukuran besar. Poster berisi tentang informasi maupun iklan. Agar bisa dibaca dan dilihat banyak orang, maka poster sering kali kita jumpai di tempat-tempat umum. Poster adalah sarana untuk memberikan informasi seperti produk, jasa, kegiatan, seputar pendidikan dan lain-lain.

Poster juga memiliki tujuan untuk memberikan himbauan kepada banyak orang, untuk melakukan sesuatu hal yang tertulis di dalam poster. Poster juga memiliki tujuan untuk menyampaikan suatu pesan moral, kepada pembaca yang melihat poster tersebut.

Poster dibuat menggunakan desain gambar-gambar yang unik, yang dibari warna-warna agar lebih menarik. Poster juga berisi kalimat yang cukup singkat, jelas dan mudah dimengerti pembaca. Berikut prinsip membuat poster yang harus dipahami, agar poster terlihat indah dan bisa dibaca, dilansir dari berbagai sumber:

Font dan Warna

ilustrasi prinsip membuat poster/pexels
ilustrasi prinsip membuat poster/pexels

Saat membuat poster, kamu harus memperhatikan font atau jenis huruf yang digunakan, agar lebih mudah untuk dibaca. Gunakan font yang memiliki karakter jelas dan tegas, untuk membuat poster yang serius. Untuk membuat poster tentang iklan bisa menggunakan font yang menyenangkan, enerjik dan lucu.

Dalam pemilihan warna pun harus diperhatikan saat membuat poster. Untuk membuat poster jangan terlalu banyak menggunakan warna. Usahakan untuk menggunakan maksimal 5 warna. Pemilihan warna yang bagus, bisa membuat pembaca tertarik untuk melihat poster tersebut.

Grid dan Highlight

ilustrasi membuat poster yang bagus/pexels
ilustrasi membuat poster yang bagus/pexels

Agar poster terlihat lebih rapi, buatlah dengan menggunakan grid untuk merapikan poster, agar poster lebih mudah untuk dibaca. Grid adalah garis-garis bantu yang dibuat pada saat mendesain gambar. Garis bantu inilah yang membuat tulisan dan gambar dalam poster, terlihat lebih rapi dan indah.

Untuk membuat poster juga harus diberikan highlight. Highlight adalah bagian penting dalam pembuatan poster, dan biasanya highlight ini adalah bagian pertama yang dilihat oleh pembaca poster. Contohnya seperti highlight diskon 50%.

Layout

ilustrasi membuat poster yang indah/pexels
ilustrasi membuat poster yang indah/pexels

Untuk mengarahkan mata pembaca, perhatikan dalam penyusunan layout dalam membuat poster. Tunjukkan area yang paling penting ke area yang kurang penting. Seperti judul dari artikel harus menjadi area yang paling mencolok, lalu pada bagian sub-judul berada di urutan kedua, gambar di urutan ketiga, dan artikel atau pesan dalam poster di urutan terakhir.

Saat membuat poster, jangan membuat desain yang penuh, usahakan untuk menyisakan ruangan yang kosong. Karena desan poster yang penuh, bisa membuat pembaca pusing dan kurang menarik.

Ilustrasi dan Ikon

ilustrasi membuat poster yang indah/pexels
ilustrasi membuat poster yang indah/pexels

Prinsip membuat poster yang terakhir adalah dalam pembuatan ilustrasi dan ikon. Ilustrasi atau gambar sangat penting dalam pembuatan poster. Buatlah ilustrasi yang sesuai dengan isi poster, dan gunakan satu atau dua ilustrasi saja, agar poster tidak terlihat penuh.

Ilustrasi dan ikon ini bertujuan untuk mempertegas isi, pesan, dan makna dalam poster tersebut. Sehingga tidak perlu dibuat terlalu besar. Dan usahakan dalam pembuatan ilustrasi dan ikon ini, tidak terlalu mencolok mengalahkan isi dari poster tersebut.

Lanjutkan Membaca ↓