Pertama di Indonesia Tes PCR Covid-19 Lebih Mudah dan Cepat di GSI Lab

Anisha Saktian Putri12 Agu 2020, 17:00 WIB
Ilustrasi rumah sakit/dok. Unsplash Jeshoots

Fimela.com, Jakarta Saat ini potensi penularan kasus positif Covid-19 di Indonesia masih terus meningkat. Salah satu cara memutus rantai penyebaran virus corona dengan melakukan test Polymerase Chain Reaction (PCR).

dr. Nino Susanto selaku Direktur Utama GSI Lab mengatakan test PCR ini penting dilakukan karena dalam hal Covid-19 berhadapan dengan virus, maka untuk mengetahui terinfeksi atau tidak bisa digunakan metode pemerisaan diagnosis dengan PCR.

"Jadi pemeriksaan ini memeriksa materi genetik yang terdapat dalam virus. Jadi kita bisa tahu terinfeksi aktif Covid-19 atau tidak," ujar dr. Nino dalam konferensi pers virtual pembukaan GSI Lab di Jakarta Selatan hari Rabu (12/08).

Sebelumnya, Presiden Republik Indonesia telah menetapkan target untuk meningkatkan kapasitas pengetesan PCR sebanyak 30.000 tes per hari, dari total satu juta tes PCR secara keseluruhan. Untuk memenuhi target tersebut, Genomik Solidaritas Indonesia (GSI Lab) secara resmi membuka laboratorium tes PCR (Polymerase Chain Reaction) pertama di Indonesia yang memiliki kapasitas layanan tes PCR berskala nasional dan berkapasitas besar.

"Hadirnya GSI Lab merupakan respon dalam membantu pemerintah mendapatkan data dalam jumlah besar mengenai kondisi riil masyarakat berkaitan dengan status Covid-19 mereka, sehingga dapat menerapkan kebijakan yang tepat sasaran untuk menanggulangi penyebarannya. Laboratorium GSI Lab dirancang untuk dapat memberikan pelayanan tes PCR," papar dr. Nino

Tiga cara pilihan test

Ilustrasi rumah sakit/dok. Unsplash Insung Yoon
Ilustrasi rumah sakit/dok. Unsplash Insung Yoon

GSI Lab menjadi yang pertama dalam menghadirkan laboratorium tes PCR dengan kapasitas besar hingga 5.000 tes per hari. Masyarakat dapat memanfaatkan berbagai kemudahan yang dihadirkan oleh GSI Lab untuk pengambilan sampel swab, yaitu dengan melalui sistem drive through, walk through dan ride through.

"Hasil tes pun bisa didapat hari itu juga, tentunya dengan kualitas yang baik," paparnya.

Selain itu masyarakat juga dapat memilih untuk dilakukan pengambilan sampel swab di lokasi yang diinginkan, seperti di kantor maupun rumah sakit rekanan.

Program #SwabAndSaveIndonesia untuk pengetesan PCR gratis yaitu sebuah program untuk membantu masyarakat yang kesulitan mengakses tes PCR. Mengusung konsep dua untuk satu PCR. Untuk setiap 2 pengetesan PCR gratis yang didonasikan oleh perusahaan atau individu, GSI Lab akan memberikan kontribusi ke dalam program #SwabAndSaveIndonesia dengan menambah 1 pengetesan PCR gratis tambahan.

Donasi akan disalurkan kepada Pemerintah melalui Satuan Tugas Penanganan COVID-19 untuk memastikan pengetesan PCR gratis terdistribusi dengan baik.

"GSI Lab dijalankan bukan sebagai perusahaan komersial, melainkan kewirausahaan sosial atau social enterprise yang akan menggunakan kembali pendapatan usaha untuk mencapai misi sosial kami yaitu meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat Indonesia,” tutup dr. Nino.

 

#Changemaker

Lanjutkan Membaca ↓