BMKG: Waspada Peningkatan Curah Hujan di Indonesia 11-17 Agustus

Novi Nadya12 Agu 2020, 18:30 WIB
traveling hujan HL

Fimela.com, Jakarta BMKG merilis prospek cuaca seminggu ke depan periode 11-17 Agustus 2020 di situs resminya. Potensi hujan lebat diperkirakan terdapat di beberapa wilayah di Indonesia. 

Di antaranya Sumatera bagian Selatan, sebagian kecil Jawa Barat dan Jawa Tengah, Kalimantan Barat, Maluku, Papua Barat, dan Papua.

"Potensi hujan lebat berdasarkan model akan mendominasi wilayah Kalimantan bag. Barat, Sumatera bag. Selatan, Banten dan wilayah Papua pada periode 11 – 13 Agustus, sementara untuk tanggal 14 – 17 Agustus, potensi hujan lebat terdapat di wilayah Sumatera bag. Selatan, Jawa, Kalimantan bag. Utara, Maluku, Papua Barat dan Papua," tulis bmkg.go.id.

 

Peringatan Dini BMKG

[Fimela] Musim Hujan
Ilustrasi Musim Hujan | unsplash.com/@elijahsad

Sementara itu hujan berintensitas ringan hingga sedang diprakirakan di beberapa wilayah Sumatera bagian Selatan, sebagian Jawa, Kalimantan bagian Barat dan Timur, Sulawesi bagian Tengah, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat, dan Papua. Dan kondisi cuaca cerah berawan mendominasi sebagia besar wilayah Jawa hingga NTT.

BMKG juga memberikan peringatan dini bagi masyarakat agar selalu mewaspadai peningkatan curah hujan terutama di wilayah Sumatera bagian Selatan, Jawa, Kalimantan, Maluku dan Papua pada akhir pekan ini hingga awal pekan depan. Yang dapat menyebabkan bencana hidrometeorologis seperti banjir dan tanah longsor.

Simak video berikut

#ChangeMaker 

Lanjutkan Membaca ↓