Yogyakarta, Kota yang Selalu Dirindu

Endah Wijayanti13 Agu 2020, 10:35 WIB
yogyakarta

Fimela.com, Jakarta Kita semua pasti punya pengalaman tak terlupakan terkait negeri kita tercinta Indonesia. Ada kebanggaan yang pernah kita rasakan sebagai bagian dari Indonesia. Kebanggaan terhadap keindahan alam Indonesia, kekayaan tradisi dan budaya, kecintaan terhadap masyarakat Indonesia, dan lain sebagainya. Kita pun punya cara tersendiri dalam mengartikan kebanggaan terhadap tanah air ini. Melalui Lomba Share Your Stories Bulan Agustus: Bangga Indonesia ini, Sahabat Fimela bisa berbagi cerita, pengalaman, dan sudut pandang tentang hal tersebut.

***

Oleh: Natalia Desty

Daerah Istimewa Yogyakarta, kota yang selalu dirindu. Kedua orangtuaku berasal dari daerah Yogyakarta. Bangga sekali aku menjadi salah satu keturunan Yogya. Semasa kecil hingga dewasa ini, aku selalu menghabiskan waktu liburanku untuk kembali ke kota Yogya. Bertemu dengan sanak saudara membuat hatiku tenteram. Kota yang selalu dirindu. Kota yang selalu dikenang. Hiruk pikuk yang nyaman, adem, dan tenteram adalah ciri khasnya. 

Apa sih makanan khas kota Yogyakarta ini? Pastinya adalah gudeg, salah satu makanan legenda yang enak dan Indonesia banget. Banyak peminatnya. Isiannya beragam mulai dari nasi, sambal krecek, ayam, telur, sayur nangka. Manis dan pedas bercampur jadi satu. Ih jadi membayangkan nikmatnya. Ada juga oleh-oleh khas Yogya yang legend adalah Bakpia. Ini enak banget, ada bakpia 75, 25, 543, 5555, bakpia Kurnia Sari, bakpia tugu Yogya, dan masih banyak lagi.

Jadi rindu pulang ke kota Yogya! Eh di masa pandemi ini, tak bisa sembarangan mudik. Ada penjaga kampung yang lalu lalang mengecek tamu-tamu dari luar daerah. Ya ini untuk memutus rantai penyebaran covid-19. Yogya yang selalu dirindu!

Banyak Tempat Wisata Menarik

cara alami bahagia
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com

Ada banyak juga destinasi wisata di kota ini. Ada Candi Prambanan, Kawasan Wisata Kaliurang, dan banyak juga pantai yang bagus. Ada pantai parangtritis, pantai depok parangtritis, pantai indrayanti, pantai glagah, dan masih banyak lagi. Nih aku kasih info kalau ke pantai depok parangtritis bisa belanja ikan, udang, dan macamnya kemudian bisa dimasak di sana juga lho. Seru banget. 

Satu lagi kesenian khas Yogyakarta adalah Jathilan/Jaranan. Ini biasanya pertunjukkan untuk hiburan rakyat. Jika ada yang menanggap/menyewa bisa kita tonton secara gratis siang/malam biasanya ada pertunjukkan ini. Hati-hati jangan bengong ya kalau nonton ini, karena pertunjukkan ini bisa berubah jadi seru alias kesurupan pada para pemain kuda lumping ini. Ada lagi wayang kulit, wayang orang, campur sari. Wah, banyak kalau mau disebutkan.

Intinya sih aku bangga jadi orang Indonesia, Yogyakarta yang selalu dirindu. Mulai dari makanan, jajanan, suasana, orang-orang dan semua yang ada di kota Yogyakarta. Rindu kuingin kembali.

#ChangeMaker

Lanjutkan Membaca ↓