4 Alasan Mengejar Materi Semata Bukan Jaminan Bahagia Selamanya

Endah Wijayanti13 Agu 2020, 10:55 WIB
mencari kebahagiaan

Fimela.com, Jakarta Semakin banyak uang dan harta benda kerap dikaitkan dengan semakin banyak kebahagiaan yang akan kita dapatkan. Memang tak bisa dipungkiri kita butuh uang dan materi untuk bertahan hidup. Namun, mengejar materi dan kekayaan bukan satu-satunya cara untuk bisa bahagia.

Mengejar materi semata akan sulit membuat kita bahagia selamanya. Pastinya masing-masing orang punya cara tersendiri dalam jalani hidup. Punya pandangan dan kebiasaan sendiri untuk bisa bahagia. Hanya saja ada baiknya untuk tidak menjadikan banyak materi dan harta benda sebagai satu-satunya tolok ukur kebahagiaan.

1. Semakin Mengejar Materi, Semakin Jauh dari Bahagia

Melansir markmanson.net, kebahagiaan tidak sama dengan kepuasan. Penelitian membuktikan bahwa orang-orang yang memfokuskan energinya pada kepuasan yang bersifat materialistis dan dangkal justru akan semakin gelisah. Dalam jangka panjang, emosinya justru kurang stabil dan kurang bahagia. Hanya mengejar kepuasan materi semata hanya bisa mengurangi kebahagiaan.

2. Semakin Mengejar Materi, Semakin Sulit Merasa Puas

Selalu saja merasa kurang. Jika kita hanya mengejar materi dan harta benda tanpa memberikan makna apalagi tanpa mensyukurinya, maka akan semakin sulit untuk merasa puas. Selalu saja merasa kurang. Setiap kali mendapat tambahan materi atau harta benda, selalu saja ingin mendapatkan yang lebih banyak. Bila ini yang terjadi, maka kebahagiaan akan terasa semakin jauh untuk dijangkau.

3. Kebahagiaan Kadang Justru Didapat dari Merelakan Sesuatu

zodiak
ilustrasi./Photo by Juliana Stein from Pexels

Kebahagiaan tak hanya ditentukan oleh banyaknya uang dan harta benda yang kita punya. Ada saatnya kebahagiaan bisa didapatkan justru ketika kita melepaskan sesuatu. Seperti melepaskan ego yang terlalu ingin mengontrol semua keadaan. Obsesi untuk mengontrol segala sesuatu bisa meningkatkan kadar stres kita. Realitanya tak semua keadaan dan situasi bisa kita kontrol sesuai dengan keinginan kita. Maka, lepaskan obsesi ini supaya hidup bisa lebih tenang. Lebih baik fokus pada hal-hal yang memang masih bisa kita kendalikan untuk bisa menjaga kebahagiaan kita.

4. Mengejar Materi tanpa Menjadikannya Bermakna Hanya akan Menghadirkan Kehampaan

Saat kita mendapat sedikit penghasilan, syukuri. Saat mendapat penghasilan yang lebih banyak dari biasanya, syukuri juga. Tak ada yang salah dari berupaya untuk meningkatkan kesejahteraan hidup asalkan itu diimbangi dengan semakin meningkatnya manfaat yang bisa kita berikan kepada ornag-orang di sekitar kita. Kalau cuma menumpuk uang dan harta tanpa makna, maka yang hadir nantinya hanyalah perasaan hampa.

Kalau menurutmu sendiri bagaimana, Sahabat Fimela? Apakah mengejar materi semata bakal menyulitkanmu mendapatkan kebahagiaan yang kamu inginkan?

#ChangeMaker

Lanjutkan Membaca ↓