Mengenal Cabang dalam Seni yang Perlu Diketahui

Kezia Prasetya Christvidya13 Agu 2020, 15:35 WIB
seni-kezo

Fimela.com, Jakarta Seni adalah sebuah karya yang dibuat berdasarkan dari pengalaman, perasaan dan memiliki nilai keindahan. Seperti seni tari, seni musik, seni lukis dan lain sebagainya.

Seiring berkembangnya waktu, karya seni semakin berkembang, dan bisa dinikmati dan dibuat menggunakan teknologi-teknologi modern. Contohnya seni rupa yang dulu hanya bisa digambar dimedia seperti kerta, sekarang seni rupa bisa Digambar menggunakan laptop, yang menghasilkan gambar 3 dimensi.

Sebuah seni tercipta karena adanya ungkapkan imajinasi, gagasan atau kekuatan emosi dari pencipta karya seni tersebut. Menurut perkembangan zaman, cabang seni dibagi beberapa bagian. Berikut cabang-cabang seni beserta indera penglihatannya, yang dilansir dari berbagai sumber:

Seni Musik

ilustrasi cabang seni audio/pexels
ilustrasi cabang seni audio/pexels

Cabang seni yang pertama adalah seni musik. Cabang seni musik merupakan cabang seni yang bisa dinikmati dengan indra penikmatnya pendengaran. Seni musik merupakan mengeluarkan suara yang tersusun dari unsur nada dan bunyi dalam alat musik, suara manusia, atau gabungan keduanya.

Di dalam seni musik modern terdapat banyak jenis seperti musik klasik, tradisional, kasidah, blues, jazz, rock, pop, R&B dan dangdut.

Seni Rupa

Cabang seni yang kedua adalah cabang seni rupa. Seni rupa merupakan seni dua dimensi atau tiga dimensi, yang bisa dinikmati dengan menggunakan indera penikmatnya pendengaran dan peraba. Seni rupa merupakan seni yang dibuat dengan menicuptakan sebuah karya yang terbentuk dan bisa disentuh, seperti lukisan atau patung.

Ada dua jenis seni rupa, yaitu seni rupa murni dan seni rupa terapan. Seni rupa murni hanya bisa dilihat saja karyanya, melalui keindahannya sebagai pajangan, seperti lukisan dan patung. Sedangkan seni rupa terapan adalah seni yang memiliki keindahan dan bisa digunakan, seperti meja ukir, kursi, keramik dan lain-lain.

Seni Tari

ilustrasi seni tari/pexels
ilustrasi seni tari/pexels

Cabang seni yang selanjutnya adalah cabang seni tari, yang keindahannya bisa dinikmati dengan indera penikmatnya penglihatan. Seni tari diwujudkan melalui gerakan, yang menggunakan unsur wirasa, wiraga, wirama dan susunan unsur lainnya.

Seni tari memiliki pola gerakan yang indah dan teratur. Biasanya seni tari ditampilkan dalam acara adat, persembahan, upacara atau acara-acara tertentu. 

Seni Sastra

ilustrasi seni sastra/unsplash
ilustrasi seni sastra/unsplash

Seni sastra juga termasuk dalam cabang seni, karena sastra dibuat dengan ide dan gagasan penulisnya, yang bisa dinikmati oleh penikmat seni sastra, melalui indera penikmatnya penglihatan dan pendengaran.

Seni sastra memiliki bentuk tulisan, yang dirangkai menggunakan kata-kata indah, yang bisa dibaca seperti novel atau cerpen, dan bisa didengarkan oleh penikmat seni, seperti pembacaan puisi, syair dan lain sebagainya, dengan menggunakan kaidah kebahasaan yang indah.

Seni Drama

ilustrasi seni drama/pexels
ilustrasi seni drama/pexels

Cabang seni yang terakhir adalah seni drama, yang bisa dinikmati menggunakan indera penikmat penglihatan dan pendengar. Cabang seni yang satu ini, merupakan seni yang menggabungkan beberapa unsur-unsur seni, seperti seni sastra yang diwujudkan dengan visualisasi nyata. Seni drama ini melibatkan unsur dialog, monolog, gerakan dan plot cerita tertentu, yang biasanya diambil dari sebuah novel atau cerita fiktif dan non fiktif.

Untuk mewujudkan seni drama ini, diperlukan penyusunan naskah, penggarapan, penafsiran, dan pementasan drama di atas panggung yang bisa ditonton oleh penikmat seni drama.

Lanjutkan Membaca ↓