7 Tanda Seseorang Punya Rasa Percaya Diri yang Rendah

Febi Anindya Kirana13 Agu 2020, 14:15 WIB
mencintai diri sendiri

Fimela.com, Jakarta Seseorang seharusnya memiliki kepercayaan diri atau self-esteem yang tinggi untuk bisa menjalani kehidupan dengan baik. Namun nyatanya tidak semua orang memiliki kepercayaan diri seperti itu. Dan percaya atau tidak kita bisa mengetahui seseorang punya rasa percaya diri yang tinggi atau tidak dengan tanda-tanda berikut.

1. Tak bisa menerima pujian

Terdengar aneh bukan? Tapi nyatanya memang ada orang-orang yang tak bisa menerima pujian karena merasa minder. Biasanya ketika dipuji mereka akan mengelak. Misalnya ketika dibilang cantik, mereka akan menjawab "Jangan bercanda", atau "Ah enggak kok" atau "Masa sih, kayaknya enggak deh." Semacam itu.

2. Menganggap dirinya biasa-biasa saja

Tipikal orang yang tidak menghargai dirinya sendiri terlihat ketika ia tidak menganggap dirinya mampu melakukan hal lebih baik. Mereka percaya bahwa dirinya biasa saja, tidak spesial dan tidak layak mendapatkan yang lebih baik dari orang lain.

3. Berpikir orang hanya melihat kekurangannya

mencintai diri sendiri
ilustrasi bahagia/Photo by Raychan on Unsplash

Orang minder biasanya berpikir orang akan melihat kekurangannya daripada kelebihannya. Saat keluar rumah misalnya, ia akan berpikir orang akan melihat pahanya yang besar, lengannya yang berlemak atau hidungnya yang pesek. Padahal itu hanya prasangkanya saja.

4. Tidak punya pendapat pribadi

Ketika ditanya maunya apa, mereka tak tahu apa maunya. Mereka selalu mengikuti pendapat orang lain, mudah setuju atau percaya dengan pendapat orang lain. Ia tidak memiliki pendapat sendiri atau malu mengatakannya.

5. Tak pernah 'memanjakan' diri

Ketika berbelanja baju misalnya, orang minder akan berpikir "Mau aku pakai ke mana baju itu kalau aku beli?", berbeda dengan orang percaya diri yang akan bilang, "Karena aku suka ya aku beli, aku bisa ke mana saja pakai baju itu."

6. Berpikir orang lain selalu tampak keren

self love
ilustrasi bahagia mencintai diri sendiri/Photo by Đàm Tướng Quân from Pexels

Ketika pergi ke mana saja, ia selalu membandingkan diri. "Kok dia bisa gini, kok aku gak bisa ya?" atau "Dia bisa cantik pake itu kok di aku enggak ya?" Pikiran-pikiran semacam itu.

7. Tak pernah mencoba hal baru karena takut tak bisa

Sebelum mencoba sudah kalah duluan. Jelas sekali ia tak punya rasa percaya diri karena sudah menganggap dirinya tak bisa melakukan sesuatu bahkan sebelum ia mencobanya. Takut gagal, takut tak bisa, takut malu sudah jadi kebiasaan orang minder.

Kira-kira kamu memiliki sekian tanda kurang percaya diri di atas Sahabat Fimela? Hetikan sekarang juga.

#ChangeMaker with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓