Kenali Gejala, Penyebab dan Cara Mencegah Penyakit Sinusitis

Kezia Prasetya Christvidya14 Agu 2020, 09:35 WIB
sinusitis-kezo

Fimela.com, Jakarta Sinusitis adalah sebuah peradangan yang terjadi pada dinding sinusitis. Sinusitis berada di bagian belakang tulang dahi, bagian dalam struktur tulang pipi, kedua sisi batang hidung dan belakang mata.

Sinusitis ini bisa berfungsi untuk menyaring bakteri, yang masuk melalui rongga hidung, karena di dalam sinusitis terdapat lendir atau mukus. Sinusitis juga memiliki fungsi untuk mengontrol kelembapan udara, yang akan masuk ke dalam paru-paru.

Sinusitis berbeda dengan pilek yang biasa. Penyakit sinusitis ini membutuhkan pengobatan dan perawatan yang lebih intensif. Walaupun memiliki penyakit sinusitis yang akut, tetapi infeksi ini bisa disembuhkan dengan pengobatan yang tepat. Berikut gejala dan penyebab sinusitis, serta cara mencegah terjadinya sinusitis, dilansir dari berbagai sumber:

 

Tipe Sinusitis

ilustrasi tipe sinusitis/pexels
ilustrasi tipe sinusitis/pexels

Sinusitis memiliki beberapa tipe, yang dibedakan berdasarkan lamanya seseorang mengidap penyakit sinusitis. Ada tipe sinusitis akut, yang terjadi selama 2 sampai 4 minggu. Lalu sinusitis subakut, yang terjadi selama 4 hingga 12 minggu. Ada juga sinusitis kronis yang terjadi selama lebih dari 12minggu, bahkan hingga bertahun-tahun. Dan ada sinusitis kambuhan, yang terjadi selama 3 kali atau lebih dalam sebulan.

Gejala dan Penyebab

ilustrasi gejala dan penyebab sinusitis/pexels
ilustrasi gejala dan penyebab sinusitis/pexels

Sinusitis disebabkan karena adanya infeksi kuman, atau karena ada kondisi medis tertentu, seperti polip di hidung dan rinitis alergi. Namun sinusitis bisa juga terjadi karena pola hidup yang kurang bersih, suka merokok, dan terlalu sering berenang.

Gejala sinusitis yang terjadi pada anak-anak dan orang beda itu berbeda. Sinusitis yang terjadi pada anak-anak, akan memberikan gejala batuk, pilek atau hidung tersumbat, dan demam.

Namun gejala sinusitis yang dialami orang dewasa biasanya terjadi pembengkakan di sekitar mata, nyeri di bagian wajah, dan ingus berwarna kuning kehijauan.

 

Pencegahan Sinusitis

ilustrasi pencegahan penyakit sinusitis/pexels
ilustrasi pencegahan penyakit sinusitis/pexels

Sinusitis disebabkan karenanya infeksi peradangan pada saluran pernapasan. Sinusitis ini masih bisa diobati, dengan obat-obatan yang diberikan dokter, kalau penyakit ini kambuh dan langsung dibawa ke dokter.

Namun dibeberapa kasus sinusitis yang kronis, ada cara untuk membantu menyembuhkan penyakit ini, dengan melakukan operasi sinus yang dilakukan dokter.

Penyakit sinusitis ini bisa dicegah, agar tidak menyebabkan penyakit kronis. Sahabat Fimela cukup melakukan pola hidup yang sehat, berhenti merokok, rajin berolahraga, menggunakan masker dan menjauhi orang yang sakit flu.

Lanjutkan Membaca ↓