Jenis Penulis Freelance yang Menghasilkan Uang, Copywriting Salah Satunya

Kezia Prasetya Christvidya14 Agu 2020, 16:35 WIB
penulis-kezo

Fimela.com, Jakarta Di era modern ini, banyak sekali pekerjaan yang bisa dilakukan, baik secara online, kantoran, bahkan pekerjaan lepas atau freelance yang bisa dilakukan dimana saja. Salah satunya adalah pekerjaan sebagai penulis freelance

Penulis freelance merupakan seorang penulis profesional, yang bisa bekerja dimana dan kapan saja. Penulis freelance adalah pekerjaan yang tidak terikat oleh instansi, bisa dilakukan siapa saja, dan tentunya tetap menghasilkan uang.

Beberapa orang melakukan pekerjaan sebagai penulis freelance, untuk menambah pendapatan harian atau bulanan, selain pendapatan yang didapatkan dari pekerjaan tetap. Namun ada juga orang yang menjadikan pekerjaan penulis freelance ini, sebagai pekerjaan utamanya.

Seorang penulis freelance, bisa mendapatkan klien dari mana saja, seperti media sosial, koran, hingga merek-merek ternama. Walaupun pekerjaan ini adalah pekerjaan yang lepas, tanpa ada suatu ikatan antar instansi, namun pekerjaan ini harus dilakukan dengan profesional, dan biasanya terikat oleh klien yang memesan hasil karya tulismu.

Berikut jenis-jenis penulis freelance, yang juga bisa menghasilkan uang, dilansir dari berbagai sumber:

 

Jurnalistik

ilustrasi jenis penulis freelance/pexels
ilustrasi jenis penulis freelance/pexels

Jenis penulis freelance yang pertama adalah jurnalistik. Jurnalisti adalah penulis yang menulis tentang peristiwa, yang memiliki tujuan untuk memberikan informasi kepada pembaca. Sebagai jurnalis, harus memiliki ketertarikan terhadap lingkungan sosial.

Jurnalis juga harus memiliki pergaulan yang luas, serta memiliki rasa penasaran yang tinggi. Karena jurnalis harus menuliskan sesuatu berdasarkan fakta, informasi yang jelas dan akurat, serta memerlukan beberapa keterangan dari orang lain, dalam menuliskan sebuah peristiwa.

Pekerjaan ini bisa dilakukan secara online dan offline. Sahabat Fimela bisa mengirimkan tulisan ke media berita online  maupun offline. Biasanya tulisan yang diterima oleh media, penulis akan mendapatkan upah yang setimbal. Dan tulisan yang diterima memiliki tema politik, ekonomi, olahraga, selebriti, gaya hidup dan lain sebagainya.

Copywriting

ilustrasi jenis penulis freelance/pexels
ilustrasi jenis penulis freelance/pexels

Ada jenis copywriting, di dalam pekerjaan sebagai penulis freelance. Seseorang yang menjadi copywriting, biasanya menuliskan sesuatu yang memiliki tujuan untuk mempromosikan sesuatu.

Sebagai copywriter, harus pintar membuat tulisan yang menarik, agar pembaca tertarik membaca tulisan tersebut. Seorang copywriter bisa menulis tentang promosi produk, servis, tokoh, ide dan lain-lain.

Biasanya klien akan memberikan materi kepada penulis, kemudian penulis mengembangkan ide dari klien tersebut, menjadi sebuah tulisan yang bisa menarik para pembaca. Contohnya membuat artikel di website milik klien, membuat brosur atau selebaran, membuat naskah iklan dan lain-lain.

Creative Writing

ilustrasi jenis penulis freelance/pexels
ilustrasi jenis penulis freelance/pexels

Jenis penulis freelance yang selanjutnya adalah creative writing.  Seorang creative writer, harus memiliki imajinasi yang tinggi, untuk membuat suatu tulisan menjadi diminati oleh pembaca. Creative writing harus bisa menuliskan tulisan fiktif maupun non fiktif.

Creative writer memiliki keahlian dalam menuliskan puisi, cerita pendek, naskah film, kartu ucapan, novel dan karya seni lainnya.

Jika Sahabat Fimela menyukai jenis tulisan seperti ini, pekerjaan ini sangat dibutuhkan di majalah, koran, perusahaan marketing, toko online, penerbit, stasiun televisi dan semacamnya.

 

Penerjemah Bahasa Asing

ilustrasi jenis penulis freelance/pexels
ilustrasi jenis penulis freelance/pexels

Penulis freelance juga bisa bekerja sebagai penerjemah bahasa asing. Sebagai penulis penerjemah bahasa asing, harus memiliki keahlian dalam berbahasa asing, misalnya bahasa Inggris, bahasa Korea atau bahasa Jepang.

Jaman sekarang sangat banyak dibutuhkan jasa penulis penerjemah bahasa asing, untuk menerjamahkan karya sastra berupa komik, novel, cerpen dialog drama yang berasal dari negara asing.

Biasanya klien yang menggunakan jasa penerjemah, adalah klien yang memiliki perusahaan besar seperti Webtoon. Gaji dari penulis freelance yang bekerja sebagai penerjemah, biasanya cukup besar dalam sekali menerjamahkan suatu buku.

 

Blogger dan Reviewer

ilustrasi jenis penulis freelance/pexels
ilustrasi jenis penulis freelance/pexels

Jenis penulis freelance yang terakhir adalah blogger atau reviewer. Pekerjaan ini sangat banyak dicari oleh klien, dan bisa dilakukan dengan diri sendiri. Biasanya klien mencari seorang blogger atau reviewer, untuk mereview suatu barang, jasa, atau tempat-tempat yang bagus, yang bisa membuat nama klien menjadi lebih terkenal.

Klien juga meminta seorang blogger untuk menulis di blog milik perusahaan, lalu diberikan tenggang waktu selama kurang lebih 1 minggu. Blogger juga berkesempatan untuk mencoba produk atau jasa yang dimiliki klien, sebelum blogger menuliskan review.

Selain itu, Sahabat Fimela juga bisa menulis dengan blog, sesuai dengan tema blog yang disukai tanpa permintaan klien, seperti menulis cerita di blog.

 

Lanjutkan Membaca ↓