Pahami dan Ketahui Sejak Dini Stres Akibat Adanya Kemajuan Teknologi

Gayuh Tri Pinjungwati14 Agu 2020, 18:15 WIB
teknologi

Fimela.com, Jakarta Era teknologi telah memberi kita akses ke informasi yang melimpah, telah menyederhanakan banyak aspek kehidupan kita dan bahkan meingkatkan kemampuan kita untuk terhubung dengan orang lain di seluruh dunia. Tetapi bagaimanapun itu datang dengan beberapa kelemahan. Misalnya menghabiskan terlalu banyak waktu di internet, hingga kecanduan dapat sangat memengaruhi kesehatan mental kita. Bahkan penggunaan internet tanpa kecanduan dapat berdampak negatif pada kita. Ini juga dapat menyebabkan beberap stres tersembunyi dari teknologi. Dengan mengetahui dan memahami hal-hal sederhana apa yang sering kali dapat memicu stres, kita dapat mengurangi kecemasan itu dengan lebih baik seperti berikut ini.

Berada Jauh dari Smartphone

Memiliki smartphone atau ponsel pintar memang terasa luar biasa, tetapi itu membuat kita menjadi sangat bergantung pada perangkat tersebut sehingga sulit untuk menyimpannya. Dorongan untuk membaca pesan teks baru itu sulit dihindarkan bahkan di tengah sesuatu yang penting seperti saat kita mengemudi, menyebrang jalan atau menghabiskan waktu dengan orang yang kita cintai. Bahkan ada istilah untuk takut terputus dari ponsel yaitu disebut nomophobia.

Sebenarnya kita dapat mencegah perasaan cemas atas penggunaan ponsel cerdas dengan menciptakan batasan yang tidak dapat dinegosiasikan untuk diri kita sendiri. Batasan penggunaan ponsel yang sehat mungkin termasuk tidak menggunakannya saat makan, saat berada dalam situasi sosial, sebelum tidur atau di kamar mandi. Ini mungkin juga berarti membuat batasan waktu yang ditetapkan untuk berapa lama dirimu menghabiskan waktu menggunakan ponsel. Mungkin perlu waktu untuk merasa nyaman dengan penggunaan ponsel yang berkurang, tetapi menemukan keseimbangan yang tepat pada akhirnya akan membuatmu merasa lebih memegang kendali.

Kecemasan saat Mengirim Pesan

teknologi
Ilustrasi/copyrightshutterstock/Jacob Lund

Sudah menjadi sifat manusia untuk membaca hingga detail terkecil dan mengirim pesan teks sangat bagus untuk memunculkan sifat ini dalam diri kita. Miasalnya, tanggapan pesan singkat untuk pesan panjang, mungkin diartikan sebagai sikap dingin dan acuh tak acuh. Melihat pesan disampaikan tanpa mendapatkan tanggapan langsung mungkin terasa seperti sengaja diabaikan.

Menjauhkan diri dari ponsel dan mengisi waktu dengan hal-hal yang membuatmu bahagia seperti mengasah hobi, jalan-jalan, menghabiskan waktu dengan orang-orang yang dicintai, fokus pada pekerjaan atau pergi gym. Selain itu, hanya dengan melihat orang dalam kehidupan nyata atau meneleponnya dapat menghilangkan kecemasan.

Kecanduan Bermain Video Game

Game online bisa menyenangkan dan mengasyikkan, tetapi banyak game dirancang sedemikian rupa sehingga dapat membuat kita sangat mudah kecanduan. Mungkin kita merasakan aliansi dengan orang lain di tim kita dan tidak mundur ketika lebih sehat bagi kita untuk melakukannya atau kita menghabiskan banyak waktu luang kita bermain game sambil melakukan aktivitas penting lainnya seperti olahraga atau keterlibatan di kehidupan nyata.

Kunci untuk menghindari perasaan cemas degan bermain game adalah membatasi jumlah waktu yang sebenarnya dirimu habiskan untuk bermain game. Sekali lagi, ini tentang  menciptakan batasan yang sehat dan mengakui serta menghentikan perikalu tidak sehat. Menyeimbangkan aktivitas yang sehat dengan bermain game akan membuatmu merasakan gangguan dan minta tambahan di luar video game.

Menggunakan teknologi secara bijak adalah salah satu cara untuk menghindarkan kita dari beberapa perasaan cemas akan sesuatu yang muncul dari adanya perkembangan teknologi.

Cek Video di Bawah Ini

#Changemaker

Lanjutkan Membaca ↓