Manfaat dan Tips Gunakan Masker Yogurt untuk Tipe Kulit Iritasi

Febi Anindya Kirana16 Agu 2020, 10:15 WIB
Diperbarui 16 Agu 2020, 10:15 WIB
perempuan pakai masker

Fimela.com, Jakarta Kulit setiap orang memiliki tingkat sensitivitas berbeda-beda dan bisa jadi seseorang mengalami kulit wajah iritasi karena sering memakai berbagai macam kosmetik. Akumulasi berbagai macam bahan kimia yang diaplikasikan ke wajah akan memicu iritasi dan pastinya akan menyusahkan si pemilik wajah.

Salah satu bahan alami yang sangat baik meredakan kulit iritasi adalah yogurt. Yogurt bisa dijadikan masker wajah karena berbagai kandungan sehatnya, terutama mineral berupa seng yang berguna sebagai anti inflamasi dan bersifat astringen atau mendinginkan wajah.

Cara menggunakan yogurt untuk kulit berminyak adalah:

masker yogurt
ilustrasi masker yogurt/copyright by Orawan Pattarawimonchai from Shutterstock

Kulit iritasi seperti muncul jerawat, kemerahan hingga mengelupas memang akan sangat pedih diberi perawatan wajah sembarangan, sedangkan yogurt bukan hanya akan membuat kulit wajah 'tenang' karena sifat astringen-nya, tapi juga memicu produksi sel-sel baru dan pertumbuhan jaringan yang sehat.

  • 1 sdm yogurt
  • 1 sdm mentimun, parut
  • 1 sdt lidah buaya, haluskan
  1. Campurkan semua bahan kemudian oleskan pada wajah yang sudah dibersihkan. Biarkan selama 15 menit agar wajah dingin dan nutrisi masker terserap ke dalam kulit, setelah itu lap dengan handuk basah dan bilas ringan. 

Seng juga sangat membantu mengatur sebum (minyak yang dihasilkan kulit) yang diproduksi oleh kelenjar minyak di bawah kulit sehingga ikut membantu menyembuhkan jerawat. Jadi, bisa mencoba masker yogurt di rumah jika memang memiliki kulit iritasi ya Sahabat Fimela.

Cek Video di Bawah Ini

#ChangeMaker with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓