Bisakah Pernikahan Bertahan Tanpa Hubungan Seksual? Ini Faktanya

Febi Anindya Kirana14 Agu 2020, 18:22 WIB
pasangan intim

Fimela.com, Jakarta Pernahkah membayangkan hubungan pernikahan tanpa adanya hubungan seksual? Kat orang, jika sudah cinta maka segalanya bisa dilalui. Tapi benarkah pasangan yang sudah menikah benar-benar bisa bertahan menghadapi apa saja termasuk tidak adanya hubungan seksual?

Sebuah data penelitian dari Seth Stephens-Davidowitz yang dilaporkan dalam New York Times pada tahun 2015 menyebutkan bahwa ketika mencari kata-kata 'pernikahan tanpa seks' di Google, maka selalu dihubungkan dengan 'pernikahan yang tidak bahagia'. Kedua hal ini selalu berkaitan.

Pernikahan tanpa seks tak akan bisa bertahan

Hubungan Intim/Seks
Ilustrasi/copyright unsplash.com/Process AG

Sebuah survei yang dilakukan Pew Research Center juga menyebutkan bahwa sebesar 61% pasangan yang sudah menikah mengatakan bahwa hubungan seksual dalam pernikahan dianggap sangat penting untuk mewujudkan pernikahan yang bertahan lama.

Menurut banyak ahli, sebuah pernikahan dianggap sebagai pernikahan tanpa hubungan seksual ketika di dalam pernikahan tersebut pasangan suami-istri hanya bercinta kurang dari 10 kali dalam setahun. Bisa saja pernikahan tersebut bertahan, namun pasti akan ada banyak masalah yang terjadi di kehidupan rumah tangga mereka.

Mengapa bercinta penting dalam pernikahan? Ada banyak faktor yang mendasarinya, bukan hanya melepaskan dorongan biologis dalam tubuh untuk bereproduksi namun juga menjadi cara mengikat cinta secara emosional dan batin dengan pasangan.

Jadi, apakah pernikahan tanpa seks akan bertahan? Jawabannya mungkin tidak, tapi bisa diusahakan Sahabat Fimela.

#ChangeMaker with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓