4 Makanan Penyebab Bisul yang Sebaiknya Tidak Dikonsumsi Secara Berlebihan

Imelda Rahma14 Agu 2020, 19:35 WIB
Bisul

Fimela.com, Jakarta Salah satu penyakit yang bisa muncul akibat kamu tidak tidak memerhatikan kesehatan, terutama kesehatan makanan ialah bisul. Bisul adalah penyakit kulit yang menyerupai benjolan merah awalnya. Saat bisul muncul, kulit bisa gatal, bisa juga tidak. Tapi jika sudah matang, bisul dapat menyakitkan dan gatal. Bisul sering muncul di badan atau punggung, leher, ketiak, pantat, atau selangkangan.

Namun, bisul juga dapat muncul di bagian tubuh mana saja, terutama di daerah kulit berambut yang rentan berkeringat atau mengalami gesekan. Penyebab bisul adalah bakteri Staphylococcus aureus yang hidup di kulit, di dalam hidung, dan tenggorokan. Meskipun nampak sepele, bisul dapat menyebabkan sensasi rasa sakit yang cukup mengganggu aktivitas sehari-hari sehingga harus segera diobati.

Bisul sendiri dapat disebabkan oleh sejumlah makanan yang kamu konsumsi secara berlebihan. Zat yang ada pada makanan tersebut akhirnya bisa membuatmu terkena bisul. Selain zat yang ada didalam makanan, cara dan tempat pembuatan makanan yang kurang higienis juga bisa berpotensi membuatmu bisulan.

Maka dari itu, kamu perlu tahu makanan apa saja yang bisa menyebabkan bisul. Untuk itu, Fimela.com kali ini akan membagikan informasi 4 makanan penyebab bisul yang sebaiknya tidak dikonsumsi secara berlebihan. Simak informasi selengkapnya berikut ini.

 

Gula dan Makanan yang Terlalu Manis

Gula dan Makanan yang Terlalu Manis
Ilustrasi Gula Credit: pexels.com/Mali

Makanan penyebab bisul yang pertama ialah gula dan makanan yang terlalu manis. Hal ini pun sudah diteliti oleh para ahli dan mendapatkan kesimpulan bahwa gula merupakan penyebab bisul. Hal ini karena gula memiliki indeks glikemik yang sangat tinggi, yang bisa membuat gula darah tubuh melonjak naik, dan membuat kerja insulin semakin berat.

Akibatnya, kerja insulin semakin keras, maka memicu hormon yang menghasilkan kelenjar minyak lebih banyak dan berpengaruh menyebabkan tumbuhnya bisul. Maka dari itu, sebaiknya atur asupan gula yang masuk ke tubuhmu. Sekalipun makanan manis itu enak dikonsumsi namun kamu perlu untuk mengontrolnya agar menghindari bisulan.

Junk Food dan Makanan Berlemak

Junk Food dan Makanan Berlemak
Ilustrasi Junk Food Credit: pexels.com/EnginAkyurt

Berikutnya, makanan lain yang juga menjadi penyebab bisul ialah makanan berlemak dan junk food. Hal ini karena asupan lemak jenuh dan minyak nabati olahan, seperti minyak kedelai dan jagung, bisa meningkatkan produksi hormon pertumbuhan mirip insulin yang menyebabkan folikel kulit rentan terinfeksi bakteri dari luar.

Minyak goreng yang dipakai dan sering dikonsumsi lewat restoran cepat saji juga bisa memicu munculnya jerawat kistik ataupun masalah kulit yang serupa dengan bisul. Namun bila kamu memilih lemak baik, seperti asam lemak omega-3 dan omega-6 yang banyak terdapat pada ikan laut, lemak ini justru dapat membantu mencegah terbentuknya jerawat.

Susu

Susu
Ilustrasi Susu Credit: unsplash.com/EnginAkyurt

Selanjutnya, penyebab bisul juga bisa berasal dari susu karena bisul adalah jenis infeksi kulit yang biasanya memang bisa terjadi pada anak yang punya bakat alergi terutama protein dan susu. Bisa juga disebabkan karena kebersihan yang kurang terjaga. Cobalah imbangi asupan susu dengan sayur dan buah sehingga antioksidan di tubuh anak tinggi jadi protein tidak mudah menyebabkan gangguan pada anak terutama yang punya bakat alergi.

Untuk mengantisipasinya, orangtua bisa mengganti susu yang mengandung protein hewani dengan susu yang berasal dari kedelai sehingga akan jauh lebih aman.

Makanan dengan Karbohidrat Tinggi Glikemik

Makanan dengan Karbohidrat Tinggi Glikemik
Ilustrasi Pasta Credit: pexels.com/EnginAkyurt

Terakhir, makanan yang juga menjadi penyebab bisul ialah makanan dengan kadar karbohidrat tinggi seperti roti, nasi putih, pasta, dan sereal yang tak terbuat dari gandum utuh merupakan faktor lain munculnya bisul. Bila bisul semakin parah dan muncul gejala seperti demam, pembengkakan kelenjar getah bening, bisul semakin banyak dan menyebar, lebih baik segera periksa ke dokter.

Untuk antisipasi awal, jika kamu ingin terhindar dari bisul akibat makanan berkarbohidrat tinggi ialah dengan mengkonsumsi varian lain untuk mengganti makanan pokok, contohnya adalah kentang dan singkong.

Lanjutkan Membaca ↓