Bayi Mengalami Koma karena Menelan Ini, Para Orangtua Perlu Lebih Hati-Hati

Endah Wijayanti15 Agu 2020, 12:15 WIB
bayi koma

Fimela.com, Jakarta Memang tidak mudah untuk selalu mengawasi si kecil selama 24 jam sehari penuh. Saat memiliki bayi atau anak kecil di rumah, pastinya orangtua perlu meningkatkan kewaspadaan dan kehati-hatiannya. Khususnya terkait dengan keamanan dan keselamatan sang buah hati tercinta, orangtua jangan sampai lengah saat menaruh produk-produk yang mengandung bahan kimia.

Seorang bayi mengalami koma setelah menggigit tablet deterjen cair. Melansir laman metro.co.uk, Pearce Shepherd menelan bahan kimia berbahaya dari kapsul deterjen saat ibunya, Melissa Cairney (27) tidak memperhatikan. Perut bayi berusia 10 bulan ini terbakar dan paru-parunya dipenuhi lendir setelah insiden yang terjadi pada tanggal 31 Juli di rumah mereka di Lennoxtown, East Dunbartonshire, Skotlandia. Mendapati bayinya menelan bahan kimia berbahaya, Melissa sempat merasa kebingungan menghadapi situasi tersebut.

Insiden Terjadi saat Melissa Sibuk di Dapur

"Aku sedang di dapur menyiapkan makan malam dan menyalakan mesin cuci. Semua anakku ada di dekatku. Salah satu tablet deterjen pasti jatuh dari penutup mesin cuci ke lantai. Sebelum aku menyadarinya, Pearce mengambilnya dan menggigit ujungnya. Semua terjadi begitu cepat," jelas Melissa.

Melissa dan Dave segera melarikan Pearce ke rumah sakit. Baru 15 menit berada di perjalanan, Pearce mulai muntah dan tubuhnya terkulai. Melalui endoskopi, ditemuakn racun yang telah membakar perut Pearce dan menyebabkan sistem respiratorinya membengkak. Pearce lalu mengalami koma di Royal Hospital for Children di Glasgow.

Dokter optimis Pearce akan bertahan tapi tidak bisa memastikan seberapa cepat dia akan pulih dan entah apakah akan ada efek jangka panjang setelah dia bangun. Mengetahui kondisi buah hatinya yang mengalami koma, Melissa merasa takut. "Aku tahu produknya beracun tapi aku tak mengira bisa menyebabkan bayiku mengalami koma," kata Melissa.

Bila di rumah kita menggunakan produk pembersih rumah, deterjen, dan berbagai produk yang mengandung bahan kimia, penting untuk memastikan semua ditaruh di tempat yang jauh dari jangkauan anak-anak. Saat menggunakan produk-produk tersebut pun, kita perlu meningkatkan kehati-hatian supaya kejadian yang dialami keluarga Melissa menimpa kita. Setidaknya kita bisa melakukan tindak pencegahan yang lebih maksimal demi kebaikan dan keselamatan buah hati tercinta.

#ChangeMaker