Sukses

Lifestyle

Pandemi, Ini Kebiasaan Baru Peringatan HUT RI ke-75 di Istana Merdeka

Fimela.com, Jakarta Pada perayaan HUT RI ke-75, Indonesia masih dilanda pandemi. Meski demikian, peringatan Detik-Detik Proklamasi tetap berlangsung di Istana Merdeka pada pukul 10.00 WIB.

Pelaksanaan Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi dilakukan dengan menerapkan sejumlah kebiasaan baru. Mulai dari disaksikan secara virtual hingga ditiadakannya prosesi pengambilan Bendera Merah Putih dari Presiden Joko Widodo.

Berikut Fimela rangkum beberapa kebiasaan baru peringatan HUT RI ke-75 di Istana Merdeka.

1. Disaksikan secara virtual

Untuk menerapkan protokol kesehatan di masa pandemi, tidak banyak tamu undangan yang hadir. Hanya terlihat sejumlah petugas upacara, anggota Paskibraka, serta rombongan Presiden dan Wakil Presiden.

Para menteri dalam kabinet Indonesia Kerja Jilid II, kedutaan besar, hingga Presiden dan Wakil Presiden periode sebelumnya tidak hadir secara langsung di Istana Merdeka. Mereka menyaksikan Detik-Detik Proklamasi secara virtual dari masing-masing gedung kementrian dan dari rumah.

Bahkan para pemain musik dari Gita Bahana Nusantara pun melakukan tugasnya secara virtual. Mereka menyanyikan lagu-lagu nasional dari rumah masing-masing.

Sejak 10 Agustus 2020, pemerintah melalui Kementerian Sekretariat Negara membuka pendaftaran peserta upacara virtual. Sebanyak 17.845 kuota pun disiapkan bagi masyarakat yang ingin mengikuti upacara secara virtual.

Setelah mendaftarkan diri pada laman yang ditentukan, pemohon akan mendapatkan verifikasi dan panduan ketentuan untuk mengikuti jalannya Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Indonesia atau Upacara Penurunan Bendera Sang Merah Putih di Istana Merdeka.

 

2. Tidak ada prosesi pengambilan Bendera Merah Putih dari Presiden Jokowi

Pada pelaksanaan pengibaran Bendera Merah Putih, anggota Paskibraka melewatkan prosesi pengambilan bendera yang menjadi salah satu momen yang ditunggu. Dalam peringatan HUT RI ke-75 tahun ini, anggota Paskibraka langsung menuju tiang bendera untuk mengibarkan sang Merah Putih.

3. Menerapkan protokol kesehatan

Tamu undangan beserta petugas upacara di Istana Merdeka tetap menerapkan protokol kesehatan. Seperti jaga jarak dan menggunakan masker. Anggota Paskibraka yang bertugas mengibarkan bendera pun hanya tiga orang dan bukan dalam bentuk pasukan.

Simak video berikut ini

#changemaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading