Sukses

Lifestyle

Pandemi Picu Krisis Kesehatan Mental, E-Counseling Bersama Psikolog Solusinya

ringkasan

  • Kondisi pandemi yang penuh ketidakpastian memang bisa memicu munculnya berbagai masalah kesehatan mental
  • E-Counseling ini diharapkan bisa membantu siapapun, dimanapun, untuk bisa mendapatkan akses ke psikolog dengan mudah

Fimela.com, Jakarta Angka penyebaran Covid-19 yang kian meningkat setiap harinya, meninggalkan keresahan di tengah masyarakat dunia. World Health Organization atau WHO bahkan memberikan peringatan bahwa pandemi Covid-19 berisiko tinggi menimbulkan krisis kesehatan mental global yang serius.

Disebutkan dalam sebuah jurnal dari Oxford Academic, kondisi pandemi yang penuh ketidakpastian memang bisa memicu munculnya berbagai masalah kesehatan mental, seperti gangguan emosi, gangguan kecemasan, depresi, stres kronis, insomnia kronis, bahkan peningkatan resiko bunuh diri pada individu dengan resiliensi rendah dan individu yang tinggal di daerah dengan prevalensi Covid-19 tinggi.

Selain itu, survei dari Komnas Perempuan juga menyebutkan ada peningkatan signifikan pada jumlah kasus kekerasan dalam rumah tangga yang terjadi selama masa pandemi Covid-19 di Indonesia. Secara psikologis, KDRT ini bisa memberikan banyak dampak negatif bagi korbannya, seperti hilangnya rasa percaya diri, trauma psikologis, hingga gangguan mental.

Meskipun angka masalah psikologis kian meroket di tengah pandemi, namun stigma masalah mental yang masih ada pada masyarakat saat ini membuat banyak orang masih memiliki keraguan untuk berkonsultasi ke profesional.

 

Konsultasi online

Salah satu cara mengembalikan kesehatan mental dengan berbagai pada orang yang dipercaya, salah satunya psikolog. Di tengah pandemi ini, sahabat Fimela dapat memanfaat konsultasi online seperti Ibunda.id yang menyediakan alternatif solusi melalui e-Counseling, layanan konseling online atau daring bersama psikolog.

Ini bisa menjadi jawaban bagi mereka yang masih merasa kurang nyaman atau takut untuk mencari bantuan ke psikolog, karena melalui e-Counseling proses konseling bisa dilakukan secara lebih privat dan fleksibel.

“Dari e-Counseling ini diharapkan bisa membantu siapapun, dimanapun, untuk bisa mendapatkan akses ke psikolog dengan mudah dan cepat. Karena masih ada anjuran physical distancing juga ya, jadi lebih aman untuk konsultasi dari rumah aja” kata Lady Noor Chita, Co-Founder dari Ibunda.id.

Beberapa masalah yang bisa dikonsultasikan di antaranya seperti masalah stres, insomnia, depresi, gangguan emosi, mental disorder, dan lain-lain.

e-Counseling bisa dilakukan dalam tiga cara, yaitu melalui text, online call, atau video call, dengan jadwal temu konseling yang bisa ditentukan sendiri.

 

#changemaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading