4 Alasan Nyaman Lakukan Banyak Hal Sendirian Membuat Perempuan Lebih Bahagia

Endah Wijayanti21 Agu 2020, 13:15 WIB
Diperbarui 21 Agu 2020, 13:15 WIB
melakukan sesuatu sendiri

Fimela.com, Jakarta Dulu mungkin kita pernah merasa canggung atau tak nyaman saat melakukan sesuatu sendirian. Bahkan masih banyak yang beranggapan bahwa melakukan sesuatu sendirian itu kasihan. Jalan-jalan sendirian, nonton film di bioskop sendiri, atau menikmati secangkir kopi sendirian di kafe, mungkin dulu kita pernah menganggap hal semacam itu sebagai hal yang tak nyaman. Namun, justru semakin bertambah usia, kita akan menyadari bahwa bisa melakukan banyak hal sendirian itu bisa membuat kita makin bahagia.

“I used to think the worst thing in life was to end up all alone, it’s not. The worst thing in life is to end up with people that make you feel all alone.” - quoteambition.com

Dapat menemukan kenyamanan dalam kesendirian bisa dibilang sebagai sebuah kebahagiaan tersendiri. Baik saat masih lajang atau sudah memiliki pasangan, meluangkan waktu untuk menikmati kesendirian atau melakukan sesuatu sendirian bisa menghadirkan kebahagiaan baru dalam hidup kita. 

1. Bisa Nyaman saat Sendirian Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Tak ada yang salah dengan pergi ke kafe dengan teman-teman. Tak ada yang salah juga dengan pergi ke kafe sendirian saja. Akan ada saatnya kita bersama banyak orang, ada juga saatnya kita perlu bersama diri sendiri saja. Tak lagi memikirkan opini negatif orang lain membuat kita bisa lebih nyaman dalam menjalani hidup kita sendiri. Bahkan ketika kita bisa menemukan kenyamanan saat sendirian, kita bisa lebih percaya diri.

2. Mengurangi Ketergantungan pada Orang Lain, Meningkatkan Kemandirian

Misalnya, saat tak ada teman atau seseorang yang bisa diajak untuk liburan bersama, maka tak ada salahnya untuk pergi liburan seorang diri. Tak ada yang salah dengan hal ini. Bahkan kita bisa mendapatkan pengalaman-pengalaman unik dari perjalanan yang kita lakukan. Kita pun bisa lebih mandiri dari pengalaman tersebut. Mengurangi ketergantungan bisa meningkatkan kemandirian. Dan hal ini bisa membuat kita lebih nyaman menjalani hari-hari kita.

Sometimes, you need to be alone. Not to be lonely, but to enjoy your free time being yourself.

mencari kebahagiaan
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/g/Day2505

3. Melakukan Sesuatu Sendirian Bisa Membebaskan

Memang kita tak bisa melakukan semua hal seorang diri. Kita tetaplah perlu bantuan dan pertolongan orang lain. Hanya saja akan ada saat-saat kita memang perlu melakukan sesuatu sendirian. Menyelesaikan sesuatu sendirian atau hanya bisa mengandalkan diri sendiri untuk mengerjakan sesuatu. Kesempatan seperti ini justru bisa membuat kita merasa lebih bebas. Kita bisa menemukan kebebasan untuk diri sendiri dengan mengerjakan atau melakukan hal yang kita suka dan butuhkan.

4. Tidak Gampang Merasa Sedih saat Dikecewakan Orang Lain

Kita tak bisa mengendalikan semua orang di sekitar kita. Kita tak bisa terus menuntut orang-orang di sekitar kita memenuhi standar dan ekspektasi kita. Bahkan saat sudah memiliki pasangan pun kita tak bisa menuntut pasangan untuk selalu menjadi sosok sempurna sesuai dengan standar pribadi kita. Supaya tidak gampang merasa sedih atau marah saat orang lain membuat kita kecewa, maka kita perlu lebih dulu mencintai diri kita sendiri. Caranya? Salah satunya adalah berusaha nyaman dengan diri sendiri dan mau serta mampu melakukan banyak hal sendirian.

Kalau menurutmu sendiri bagaimana, Sahabat Fimela? Setujukah kalau bisa melakukan banyak hal sendirian bisa membuat kita lebih bahagia dan nyaman menjalani hidup?

#ChangeMaker

Lanjutkan Membaca ↓